Selasa, 11 Oktober 2016

Karakteristik Pembelajaran di TK

📝@ArtieTeja

🌟Bermain, bermain dan bermain adalah ciri khas belajar anak usia dini (Usia TK) yang juga merupakan ciri aktivitas anak TK.

Bermain bagi anak TK merupakan cara mereka belajar tentang banyak hal.
🎪🎠🎨🎭🎶🎡🎢🎹

🎲📑 Bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain

🔅Bermain dibutuhkan anak untuk perkembangan berpikirnya⏩Melalui bermain kreatif anak dapat mengembangkan serta mengintegrasikan semua kemampuannya.

🔖Anak dapat membangun pengetahuannya sendiri dengan melakukan interaksi sosial dengan orang dewasa 🔀 dalam memperoleh pengalaman seorang anak harus berinteraksi langsung dengan objek, lingkungan atau sumber belajar sehingga dapat memanipulasi, menjelajah, menyelidiki, mengamati atau berbuat sesuatu dengan objek tersebut.

✨ Menurut Piaget dengan bermain anak diberikan kesempatan untuk mengasimilasi kenyataan terhadap dirinya dan dirinya terhadap kenyataan.

🔷 Moeslichatoen berpendapat bahwa pembelajaran di TK:
🔹Sebaiknya memberikan situasi pendidikan yang memberikan rasa aman.
🔹Kegiatan belajar yang membentuk anak untuk berperilaku yang baik melalui pembiasaan yang terwujud dalam keguatan sehari-hari, contoh: menjaga kebersihan dan sopan santun.
🔹Merupakan pengembangan berbagai kemampuan dasar anak.

🔐 Dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran di TK menekankan pada pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan anak 🔄 Pendekatan pembelajaran yang digunakan Guru berpusat pada anak itu sendiri.

🌠Jadi sebagai Guru TK seharusnya mampu memahami kebutuhan dan karakteristik perkembangan setiap anak secara kelompok 🚸 maupun secara individual🚼.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar