Senin, 09 Januari 2017

Sifat Shalat Orang Munafik

📢Ust.  Ransi Mardi Al Indragiri
🏡Masjid Muadz bin Jabal
📝@ArtieTeja

🌀Sifat Shalat Orang Munafik🌀

🌷QS. An-Nisa: 142
🔸Sesungguhnya orang-orang munafik itu mereka merasa menipu Allah padahal Allah yang menipu mereka.
🔸Maksudnya mereka menipu diri sendiri,  Allah tidak bisa menipu.
🔸Melakukan ibadah hanya karena ingin dilihat orang.  Menunjukkan yang baik-baik jika ada orang lain.
🔸Bentuk menipunya orang munafik dalam shalat,  yaitu:
1. Shalatnya malas-malasan. Menguap terus saat shalat ⏩ Ketika capek perbaiki wudlu 🔀 Biar tidak malas-malasan baca doa ketika berjalan mau shalat. (Mengindari dari gangguan syaitan saat akan menjalankan shalat, Rasul memulai wudlu di rumah,  memakai, pakaian terbaik, melangkahkan kaki dengan kaki kanan terlebih dulu,  membaca doa keluar rumah-perjalanan ke masjid-masuk masjid)
2. Kalau shalat ingin dilihat/tidak ikhlas/ingin dipuji sebagai orang sholeh.
3. Mereka tidak menyebut Allah kecuali sedikit/tidak mengerti apa yang dibaca,  tidak khusyuk. Khusyuk itu fokus,  konsentrasi. Rasulullah bersabda: "Kalian hati-hatilah dari khusyuknya orang munafik", khusyuknya orang munafik adalah badannya tenang tetapi pikirannya kemana-mana/tidak tenang.
4. Orang yang shalatnya ditunda-tunda.  QS.Maryam: 59, akan kami datangkan pengganti zaman para nabi (umat akhir zaman) dimana umat yang suka menunda-nunda waktu shalat dengan balasan neraka yang paling bawah (neraka jahanam).
5. Shalat tidak sesuai dengan rukun dan syarat. Salah satu rukun shalat adalah tuma'nina (badannya tenang,  gerakan teratur,  dan bacaannya tartil).

🔥Kapan akan menjadi munafik tulen (amal tidak diterima dan tidak di anggap muslim) ?  Jika kelima tanda kemunafikan tersebut dilakukan dan istiqomah sampai ajal menjemput.
🔥Jika hanya salah satu tanda itu yang ada pada diri kita,  maka kita termasuk dalam "Munafik 'Amali": amalannya tidak diterima tetapi masih dianggap muslim.

🌷QS.  Ali-Imran:142, apakah kalian menyangka dengan amalan yang kalian lakukan itu akan membuat masuk surga ⏩ Allah yang akan menilai kesungguhan kita melakukan amal.

🍃Orang yang bersungguh-sungguh adalah orang yang hari ini harus lebih baik dari kemarin. Ada pertambahan kebaikan dalam kehidupan.
🍃Kalau tetap sama adalah rugi,  kalau berkurang maka celaka.

🌷QS. Al-Maun: 4 dan 5 (tentang shalat).

💖 Lebih baik kita tidak menikmati kesenangan duniawi tetapi kita bisa menikmati kesenangan di akhirat (Bersegeralah menjalankan shalat meski harus kehilangan waktu bersenang-senang di dunia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar