Senin, 20 Februari 2017

Mengenal Dasar Fiqih

📢 Ust. Ransi
🏡 Majlis Mutia
📝 @ArtieTeja

☀Mengenal Dasar Fiqih☀

Rasulullah memohon kepada Allah untuk sahabatnya yaitu Abdullah bin Abbas, "Allohumma faqihhu fid din" ⏩ "Ya Allah pahamkan fiqih Abdullah bin Abbas dalam syariat ilmu agama".

Orang yang belajar fiqih (belajar ilmu agama)  akan mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat.⏩ Salah satu gerbang kebahagiaan dunia akhirat adalah belajar dan paham ilmu agama (fiqih).

Belajar ilmu fiqih adalah wajib.

🍃QS. Al kahfi 103-104
(Al-Kahf):103 - Katakanlah: "Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?"
(Al-Kahf):104 - Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.

Orang yang paling rugi amal shalehnya adalah orang yang tatacara amal shaleh di dunianya keliru tidak sesuai dengan ajaran Islam tetapi mereka merasa amal shalehnya sudah benar.

Belajar fiqih kita mulai dari hal dasar atau kecil, contoh:
🔸Istinja'
Rasulullah lewat di dua kubur,  kemudian Rasulullah bersabda "Penghuni kubur ini atau mereka berdua di azab karena dosa kecil.  Di azab oleh Allah karena buang hajat tidak menutup diri (bersekat) dan yang 1 karena naminah (adu domba) ".
🔸Wudhu
Banyak penduduk neraka banyak yang kena azab hanya karena tumitnya kering.
🔸Shalat
QS.  Al-Maun
👉(Al-Mā`ūn):4 - Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat.
👉(Al-Mā`ūn):5-7- (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna.
👉Siapa orang yang celaka shalat yaitu orang-orang yang lalai, yaitu: mengakhir-akhirkan (menunda-nunda waktu shalat), tidak khusyuk, dan tidak sesuai dengan rukun dan syarat yang diajarkan.
👉Gunakan perlengkapan shalat yang ridak menimbulkan ghibah,  merusak kekhusyukan orang lain.
👉Berapa banyak orang yang shalat tidak mendapatkan apa-apa dari shalatnya.
Rasulullah pernah duduk di sudut masjid Nabawi, masuk org Badui sholat 2 rakaat. Setelah sholat dia menghampiri Rasulullah dan memberi salam, lalu Rasulullah berkata, "Kamu blm sholat!" Si Badui mengulang sholatnya hingga 3x krn Rasulullah selalu berkata, "Kamu blm sholat!"
👉Beberapa orang yang sholat tapi tidak bernilai kecuali capek. Kecuali ½⅓ sampe 1/10 sampe tdk mendapat apa². Akhirnya Rasulullah mengajarkan:
"Kalau mau sholat maka takbirlah dengab takbiratul ihram kemudian bacalah apa yang kamu bisa dari Al-Quran (yang bisa tartil) kemudian rukuklah, bangkit, sujud dengan tumakninah."
👉 Shalat aja celaka apalagi tidak shalat.Yang celaka adalah yang shaun/lalai, menunda sholat (QS.  Mariam: 59)

فَخَلَفَ مِن بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

"Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan ...."
👉Mereka akan ditempatkan di Ghoyya = Api neraka yg menyala² bahkan batu pun meleleh.
🔸Puasa
👉Berapa banyak orang yang puasa tidak mendapatkan apa² hanya dapat lapar dan dahaga.
👉Kenapa puasa menjadi sia-sia: puasa tapi tidak sholat dan puasa tapi tidak mejaga lisan.
🔸Haji dan Umroh
👉Banyak yang datang ke tanah suci tapi hanya sedikit yg pulangnya mabrur disebabkan Riya' (contoh: banyak selfie untuk pamer).

🌷Banyak amal tetapi kita tetap merugi/celaka karena tidak paham ilmunya.
🌷Belajar agama (fiqih)  adalah bagian dari memperbaiki diri.
🌷Allah menilai sesuai dengan usaha kita.
🌷Belajar untuk meninggalkan yang makruh kerjakan yang mubah dan sesuai aturan agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar