Senin, 14 November 2016

Mendidik Hati

📚 Sumber: Mendidik Hati Membentuk Karakter- Drs.Suparlan, M.Pd.I
📝 @ArtieTeja

💙 Mendidik Hati 💙

📌Menurut Al-Ghazali, berkaitan dengan pentingnya hati dalam menentukan karakter seseorang menegaskan:
" Hati adalah sebagai tanah, sedang keimanan adalah sebagai benih yang ditanam disitu. Ketaatan adalah berjalan menurut arah dan arusnya hati, serta yang disalurkan di situ. Adapun hati yang sudah terjerumus dalam kelezatan duniawiyah dan sudah berkecimpung dalam segala kemaksiatannya, dapat diumpamakan sebagai tanah yang tandus yang tidak mungkin lagi ditanam benih, sebab sudah tidak subur lagi, untuk itu benih-benih yang ditanam pasti tidak akan pulang".

📌Hati menurut Al-Ghazali menunjukkan pada dua makna, yaitu:
🔹Hati yang bersifat fisik yang berupa segumpal daging yang memiliki rongga sebagai tempat ruh, yang masuk ke dalamnya darah lalu dikeluarkan untuk menghidupi tubuh manusia.
🔹Hati adalah hati yang lembut, rabbaniyah dan ruhiya 🔀 Hati yang lembut merupakan inti dari hakikat kemanusiaan, sebagai indra untuk mengetahui dan memahami.

🌟Perilaku manusia menurut Al-Ghazali ditentukan oleh hati.

🔐Hati menentukan baik dan buruknya karakter anak didik.

💖Rasulullah bersabda "Ketahuilah bahwa didalam diri manusia ada segumpal darah, jika baik maka akan baiklah semua dirinya, dan jika rusak maka akan rusaklah semua dirinya, ketahuilah segumpal darah itu adalah hati".

🔐Keimanan juga tidak akan dapat istiqomah tanpa dibarengi dengan hati yang sehat dan baik, bahkan kealiman dan kesalehan seseorang juga ergantung pada keselamatan dan kebaikan hatinya.

🔓Mendidik hati meupakan titik awal yang harus dilakukan sebelum mendidik karakter, karena akan sulit menanamkan pendidikan karakter pada anak yang hatinya masih sakit.

📍Muhammad Nur menegaskan:
🔼Adab yang buruk menghasilkan akal yang rusak
🔼Akal rusak mengakibatkan kebiasaan buruk
🔼Kebiasaan buruk mengakibatkan watak pemberontak
🔼Watak pemberontak mengakibatkan perbuatan jahat
🔼Perbuatan jahat mengakibatkan dibenci Allah SWT
🔼Dibenci Allah SWT mengakibatkan kehinaan selamanya

🔥Kecenderungan mengejar harta dan materi semata akan mengakibatkan meluasnya penyakit sosial sekaligus penyakit moral.

💡Hati yang sehat adalah kunci utama yang harus diprioritaskab disehatkan agar pendidikan yang bagus dengan mudah tertanam dan tersatukan menjadi pribadi yang secara refleks berkeinginan dan terus beramal kebaikan.
💡Hati adalah sebagai manajer yang akan menentukan apakah seluruh anggota badan diarahkan diperintahkan untuk menjadi baik dan buruk.
💡Hati adalah manajer yang akan menentukan dorongan kepentingan/konflik antara keinginan baik dna buruk.

✨Ibnul Qayyim menegaskan bahwa kebaikan seseorang, kebahagiaan seseorang, dan kemenangan seseorang tergantung pada 2 hal, yaitu hati dan penerangan/wahyu.

🌟Strategi pendidikan hati secara umum dapat diartikan petunjuk umum, jalab dan cara mewujudkan tujuan pendidikan hati, yaitu:
🔽Strategi Tazkiyyah, merupakan strategi yang telag dilakukan oleh para Nabi (QS.Al-Baqarah:129). Tazkiyyah maknanya adalah bersih/suci, tumbuh, dan terpuji. Langkah-langkah atau cara-cara yang dapat ditempuh untuk menyusikan hati dari sifat-sifat tercela dan mengisinya dengan menumbuhkan sifat-sifat terpuji.
🔽Strategi Tazyinah, merupakan strategi yang bertujuan untuk membuat hati menjadi dibiasi dengan kebaikan. Proses membuat sesuatu menjadi indah dan menyenangkan 🔀 Hati dapat dibentuk menjadi baik dengan bimbingan kebaikan dan dapat menjadi buuk karena diilhami keburukan.
🔽Strategi Tadabburah, (QS.Muhammad: 24) bahwa hati yang tertutup dan terkunci memang sukar buat membukanya namun apabila seseorang mau merenungkan Al-Qur'an niscaya hati yang kasar dapat menjadi lunak, pikiran keras yang membantu dapat menjadi lemah lembut kepada sesama manusia. (QS.Al-Zumar: 23).
🔽Strategi Tarabbuthah, (QS.Al-Kahfi: 14) mengilhamkam pada hati kesabaran dan meneguhkan serta menguatkannya, menjaga hati dari musuh yang akan mengoda dan membelokkan hatinya. Strategi untuk mengupayakan agar hati yang sudah baik dan dipenuhi dengan keimanan dikuatkan dan diteguhkan dengan lebih mantap lagi. Tidak mudah tergoda oleh fitnah dunia, manusia, dan setan 🔀Caranya menyempurnakan wudhu, menjaga kerutinan/kewajiban, dan mempersiapkan diri untuk senantiasa menunggu-nunggu waktu shalat dengan penuh harap berjumpa dengan Allah.

💗Hati menjadi pemimpin terhadap jiwa, dan seluruh anggota badan taat pada perintah dan larangan pemimpinnya.

💞Sebagai raja, hati memiliki 2 tentara yakni bashar (semua anggota badan) dan bashirah (sifat dasar hakiki hati).

❤Hati manusia yang salim (QS.Syu'ara: 89), yakni hati yang tersucikan, mempertahankan ketauhidan, dan condong kepada kebenaran adalah menjadi sarat bisa bermanfaatnya harta dan anak dalam yaumul hisab.

❤Hati yang baik menjadi syarat diilhamkannya kebaikan oleh Allah (QS.Al-Anfal:70).

❤Hati yang baik yang sudah mukmin, akan diberikan ketenangan dan keteguhan amal oleh Allh SWT (QS.Al-Fath: 4; QS.Al-Kahfi: 14) 🔀Ketenangan membuat orang menjadi tidak ragu, tidak goncang, tidak takut mati, tidak gentar menghadapi tantangan hidup dan musuh yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar