Jumat, 03 Juni 2016

Permasalahan Dalam Pengembangan Karakter pada Anak Usia TK

💻 Permasalahan dalam Pengembangan Karakter pada Anak Usia TK
📝 @ArtieTeja

📍 Ada dua masalah utama yang berhubungan dengan orangtua, yaitu:
🔸Harapan orang tua ▶ selalu ingin cepat berhasil. Kecenderungan orang tua ingin menjadikan anaknya "be special" daripada "be average or normal", tuntutan orang tua agar anak-anak menjadi "to excel to be the best" bahkan para orang tua berkompetisi dalam mendidik anak "earlier is better" 👎 🔀 Tekanan yang bertubi-tubi dalam memperoleh kecakapan akademik di sekolah membuat anak-anak menjadi cepat mekar "miniatur orang dewasa" akibatnya anak-anak juga cepat matang dan cepat busuk, sesuai pepatah "Early ripe, early root...!"
🔸Kemampuan orang tua ▶ 👆tidak semata-mata berkaitan dengan harapan orang tua, tetapi juga berkaitan dengan pemahaman dan ketidakmampuan orang tua dalam mengantarkan anak-anak menjadi berkarakter.

☑ Beberapa kesalahan orang tua dalam mendidik anak yang dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan emosi anak sehingga berakibat pada pembentukan karakternya, sbb:
1. Kurang menunjukkan ekspresi kasih sayang baik secara verbal maupun fisik.
2. Kurang meluangkan waktu yang cukup untuk anaknya.
3. Bersikap kasar secara verbal, misalnya menyindir, mengecilkan anak, dan berkata-kata kasar.
4. Bersikap kasar secara fisik, misalnya memukup, mencubit, dan memberikan hukuman badan lainnya.
5. Terlalu memaksa anak untuk menguasai kemampuan kognitif secara dini.
6. Tidak menanamkan "good character" kepada anak.

🔘 Permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan guru dalam perkembangan karakter diantaranya adalah:
🔹Kurangnya keterampilan dan wawasan guru dalam memanfaatkan berbagai strategi dan metodologi mengajar yang tepat dan efektif dalam mengembangkan karakter.
🔹Kurangnya keteladanan guru dalam mengajarkan karakter baik, tidak bisa dilakukan hanya sebatas kata-kata namun harus menjelma dalam perilaku.

🔐 Pengaruh media apapun jenisnya sangat besar terhadap pengembangan karakter anak, termasuk mainan yang digunakan Anak (terdapat ragam mainan dengan disertai ragam pesan dan tema).

🔏 Dalam pendidikan Anak usia dini setiap orang dewasa harus mampu menghilangkan kekerasan dan kekacauan bagi anak-anak saat mereka tumbuh menjadi dewasa.

🔊 Membangun masa depan bagi anak-anak memakan waktu lebih dari kognitif dan perkembangan fisik di dunia di mana anak-anak dibombardir dengan kekerasan dalam media pesan dan mainan yang tidak pantas.

📣 Memahami efek negatif dari media dan pengaruh lingkungan lainnya pada perkembangan moral anak-anak membantu pendidik dalam membimbing perkembangan anak-anak mereka.

📌 Sekolah sebagai faktor kunci harus dikelola dengan baik. Sekolah yang bermasalah dalam pengembangan karakter adalah sbb:
1. Sekolah yang dibangun atas pandangan kurikulum yang sempit.
2. Sekolah yang terlalu terfokus dalam pencapaian akademik.
3. Sekolah yang gagal mendidik anak-anaknya dalam bidang karakter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar