Selasa, 21 Juni 2016

Kompromi itu Penting

Yup kemarin dengan rengekan tiba-tiba Rasya bilang pengen beli mainan pesawat (yang dulu aslinya pernah di belinya cuma karena pesawat itu mainan yang rapuh apalagi kalau keinjek sayapnya..ya sudahlah pesawatnya sudah tak berbentuk)..oke saya sempat tanyakan dulu kenapa tiba-tiba pengen beli mainan.

"Lho kok tiba-tiba mau mainan pesawat Mas..buat apa? Kan dulu sudah pernah punya? Kira-kira penting ndak ya?"

Rasya diam sejenak dan menjawab "di Rumah mau bikin bandara tapi pesawatnya ndak ada"

Lanjutlah kita buat perjanjian, "oke Mama beliin 1 kalau pesawat yang sama dengan yang dulu dengan syarat di jaga baik-baik dan bulan ini tidak minta-minta mainan lagi"

Rasya-mengiyakan..

Dan hari ini saya berniat membelikan tapi tolong garis bawahi mainannya sama dengan yang dulu pernah di beli (alasannya mainannya cukup bagus, dari besi tapi harga terjangkau).

Sampai deh ke toko mainan langganan, hebohlah Rasya nyari mainannya.

Bertanyalah saya sama si Bapak pemilik toko dan ternyata si mainan itu sold out dan belum restock. Si bapak-pun menawari dengan berbagai mainan di Toko dan bisa di tebaklah Rasya pasti antusias banget..eit tunggu dulu..saya ajaklah Rasya menepi untuk berkompromi.

"Mas masih inget kita mau beli apa tadi? Mainan dengan tipe yang sama dengan yang dulu..kalau pesawat yang lain itu harganya cukup mahal dan memang ndak penting-penting amat buat di beli"

Terdiamlah Rasya..bisa jadi berfikir..meski ada celetukan si Bapak, ah kenapa takut sama Mama Dek..namanya juga anak-anak kan beli mainan sudah kebiasaan.

Hmm..kita tidak seperti itu Pak.

Memang sedikit kecewa wajah Rasya.

"Gimana Mas..kita tidak jadi beli ya..mainan Rasya masih banyak di rumah..coba di ingat-ingat bulan ini Rasya sudah dapat apa saja dari Mama. Rasya juga masih mau nabung buat beli sepeda kan? Oke..bolehlah Mama beliin pesawat yang mahal tadi tapi ada pilihannya, Mas Rasya ndak boleh minta apa-apa bulan ini termasuk jatah beli sepedanya mundur lagi karena tidak ada tabungan bulan ini..gimana? Tetap maksa beli mainan??"

"Ya sudahlah Ma..ndak jadi aja..Rasya mau nabung buat beli sepeda aja.."

"Baiklah Mas..sabar dulu ya beli pesawatnya..nanti pasti ada rezeki buat beli pesawat dan pas bener-bener mainannya di butuhkan. Sekarang pulang ya.."

Dan pulanglah kami dengan sama-sama senyum..meskipun lagi-lagi si Bapak nyelethuk ah Mama pelit..

"Bukan pelit Pak..Mainannya banyak kok di Rumah..toh saya sudah memenuhi kemauannya antar ke Toko tapi ternyata barangnya kosong. Biar anaknya sabar dulu dan berfikir ulang."

Si Bapak mengangguk dan melihat Rasya dengan tersenyum.

Kita memang sering berkompromi dalam segala hal..Kalaupun hari ini mainannya ada tetaplah kita akan mengajaknya berfikir supaya Rasya tidak merasa keinginannya selalu terpenuhi.

Setiap hari..setiap peristiwa adalah waktu untuk belajar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar