Rabu, 15 Juni 2016

Parenting Style

🚻 Parenting Style
📝 @ArtieTeja

📣Kunci sukses mengantarkan anak menuju perkembangan optimal adalah pada pola pengasuhan (parenting style).

📌 Kesalahan dalam parenting style menyebabkan Anak mengalami keslahan pengasuhan (mis-education).

🔉Elkind (1989) mengelompokkan berbagai pola orangtua dalam pengasuhan, sebagai berikut:
🔒Gourmet Parents (orangtua borju)
Mereka adalah kelompok pasangan muda yang sukses, tajir mlintir, kaya raya  tetapi mereka akan cenderung merawat anak-anaknya seperti halnya merawat karier dan harta mereka. Penuh dengan ambisi! Maka anak "superkids" merupakan bukti dari kehebatan mereka sebagai orangtua.
🔒 College Degree Parents (orangtua intelek)
Kelompok ini merupakan bentuk dari keluarga intelek yang menengah atas, sangat peduli dengan pendidikan anak-anaknya. Kelebihan kelompok ini adalah sangat peduli dan kritis terhadap kurikulum yang dilaksanakan di sekolah anak-anaknya.
🔒 Gold Medal Parents (orangtua selebriti)
Kelompok ini adalah orangtua yang menginginkan anak-anaknya menjadi kompetitor dalam berbagai gelanggang. Berbagai cara akan mereka tempuh agar anak-anaknya dapat meraih kemenangan dan menjadi "seorang bintang sejati".
🔒 Do-it Yourself Parents
Kelompok ini merupakan kelompok orangtua yang mengasuh anak-anaknya secara alami dan menyatu dengan semesta. Walaupun begitu kelompok ini juga bermimpi untuk menjadikan anak-anaknya "Superkids ... earlier is better". Dalam keseharian, anak-anak mereka diajak mencintai lingkungannya.
🔒 Outward Bound Parents (orangtua paranoid)
Kelompok ini memprioritaskan pendidikan yang dapat memberi kenyamanan dan keselamatan kepada anak-anaknya. Tujuan mereka sederhana, anak-anak dapat bertahan di dunia yang penuh dengan permusuhan. Dunia di luar keluarga mereka dianggap penuh dengan marabahaya. Akibatnya anak-anak mereka menjadi "sterile" dengan lingkungannya.
🔒 Prodigy Parents (orangtua instan)
Kelompok orangtua yang sukses dalam karier tetapi tidak memiliki pendidikan yang cukup. Mereka cukup berada tetapi tidak berpendidikan yang baik. Mereka memandang kesuksesan mereka di dunia bisnis merupakan bakat semata jadi mereka juga memandang sekolah dengan sebelah mata.
🔒 Encounter Group Parents (orangtua ngerumpi)
Kelompok orangtua yang memiliki dan menyenangi pergaulan. Mereka terkadang cukup berpendidikan tetapi tidak cukup berada atau terkadang tidak memiliki pekerjaan tetap. Terkadang mereka juga orangtua yang kurang bahagia dalam perkawinannya. Mereka menyukai dan sangat mementingkan nilai-nilai relationship dalam membina hubungan dengan orang lain. Kadang cenderung mengabaikan Anak dan anak-anak mereka biasanya kurang menampilkan minat dan prestasi yang diharapkan.
🔒 Milk and Cookies Parents (orangtua ideal)
Kelompok ini merupakan orangtua yang memiliki masa kecil yang bahagia, yang memiliki kehidupan masa kecil yang sehat dan manis. Mereka cenderung menjadi orangtua yang hangat dan menyayangi anak-anaknya dengan tulus. Mereka juga peduli dan mengiringi tumbuh kembang anak mereka dengan penuh dukungan.

🔐 Meskipun pada saat ini tidak menutup kemungkinan banyak orangtua yang tajir, masa kecil kurang bahagia, tidak berpendidikan baik, dll mampu menjadi orangtua yang ideal dengan kemampuan dan kemauan mereka belajar, baik belajar dari pengalaman atau dari berbagai sumber.

☑ Anak membutuhkan suatu proses dan waktu untuk dapat menemukan sendiri keistimewaan yang dimilikinya 🔀 Anak sendirilah yang akan menemukan sendiri kekuatan di dirinya 🔄 setiap Anak adalah benar-benar Anak yang hebat dengan kekuatan potensi yang juga berbeda dan unik..👍👌

Tidak ada komentar:

Posting Komentar