Jumat, 17 September 2021

Manajemen Pengembangan Program Lembaga Pendidikan TK/PAUD

Manajemen Pengembangan Program Lembaga Pendidikan TK/PAUD


Isi program merupakan suatu bentuk aktivitas bermain dalam rangka pencapaian tingkat perkembangan pada berbagai aspek melalui suatu konteks tertentu dalam kehidupan anak.


Setiap satuan pendidikan dapat memilih, merancang atau mengembangkan sendiri standar isi program sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh Undang-undang dan peraturan pemerintah.


Dalam memilih isi program layanan PAUD perlu diperhatikan batasan atau kriteria isi program pendidikan yang layak untuk anak usia dini.


Pemilihan isi program yang baik dan tepat harus memperhatikan beberapa kriteria sebagai berikut:

  1. Kesesuaian dengan usia mental maupun usia kalender.
  2. Memenuhi kebutuhan dan tugas perkembangan anak usia dini.
  3. Memperhatikan dan mengdaptasi perubahan psikologis, IPTEK, dan seni.
  4. Disusun secara berkelanjutan antara satu tahapan perkembangan ke tahapan perkembangan berikutnya dalam rangka mempersiapkan anak memasuki pendidikan selanjutnya.
  5. Dipahami, dipergunakan, dan dikembangkan secara fleksibel sesuai dengan keunikan dan kebutuhan anak serta kondisi lembaga penyelenggara.
  6. Memberikan kemudahan bagi praktisi dan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pendidikan pada anak usia dini.
  7. Kurikulum anak usia dini harus menunjukkan kelayakan dan keberpihakan pada anak usia dini.
  8. Dapat dipertanggungjawabkan pada masyarakat sebagai pengguna jada pendidikan anak usia dini.


Acuan pemilihan isi program pada berbagai lembaga PAUD adalah peraturan menteri pendidikan nasional nomor 58 tahun 2009 tentang standar PAUD.


Ada beberapa acuan dalam mengembangkan sendiri dengan menggunakan kerangka acuan lain seperti: standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (STPP), program pendidikan Vygotsky, program pendidikan High Scope, program pendidikan Montessori, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar