Sabtu, 24 Maret 2018

Menumbuhkan Minat Baca Anak

📚 Menumbuhkan Minat Baca Anak
📝 @ArtieTeja

Memiliki anak senang membaca adalah dambaan orangtua. Membaca memberikan manfaat besar bagi anak,  membaca menjadi kunci keberhasilan belajar anak di sekolah.

Kemampuan dan minta membaca yang tinggi adalah modal dasar untuk keberhasilan belajar anak. Membaca adalah pintu gerbang dalam meraih ilmu. Buku adalah sumber pengetahuan dan salah satu kunci keberhasilan.

Minat baca perlu ditanamkan dan ditumbuhkan sejak masih kecil sebab minat baca pada anak tidak terbentuk dengan sendirinya,  tetapi sangat dipengaruhi oleh stimulasi yang diperoleh dari lingkungan anak.

Keluarga adalah lingkungan utama atau basic untuk anak. Orangtua sebagai teladan perlu menanamkan kesadaran pentingnya membaca melalui contoh nyata.

Tingkat perkembangan seseorang yang paling menguntungkan untuk pengembangan minat baca adalah pada masa peka yaitu sekitar usia 5-6tahun.

Untuk itu orangtua harus memiliki aturan di rumah dalam menumbuhkan kebiasaan membaca anak.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan orangtua dalam menumbuhkan minat baca anak,  yaitu:
1. Menyediakan pojok baca yang berisi buku-buku kegemaran anak.
2. Membuat agenda untu rutin pergi ke toko buku dan memberikan kebebasan membaca dan memilih buku yang disukainya.
3. Memberikan reward atau penghargaan untuk menarik minat baca terkadang diperlukan untuk anak-anak yang sangat sulit membaca sebagai motivasi.
4. Memperbanyak kegiatan membaca bersama dalam keluarga.
5. Luangkan waktu untuk sekedar membacakan buku kegemaran anak menjelang tidur.

Lebih dari upaya tersebut adalah membiasakan anak membaca buku apa saja dan membawa buku kemana saja sehingga perkembangan anak akan kebutuhannya terhadap buku tumbuh dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar