Senin, 05 Maret 2018

Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini (AUD)

Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini (AUD)
📝 @ArtieTeja

Manajemen Pembelajaran

Manajemen adalah suatu proses khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan,  pengorganisasian,  dan pengendalian untuk menentukan serta mencapai tujuan melalui pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM)  dan sumber daya lainnya.

Manajemen pembelajaran AUD adalah usaha untuk mengelola pembelajaran yang meliputi perencanaan,  pelaksanaan,  dan evaluasi pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien bagi AUD.

Pembelajaran AUD

Pembelajaran AUD adalah proses interaksi antara pendidik dengan anak usia dini melalui kegiatan bermain pada libgkungan belajar yang aman dan menyenangkan dengan berbagai sumber belajar.

Konsep pembelajaran AUD berpusat pada anak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik yang mencakup rangkaian proses mengamati, tanya jawab,  mengumpulkan informasi,  menalar,  dan mengkomunikasikan. Keseluruhan proses tersebut dilakukan dengan menggunakan seluruh indera serta berbagai sumber dan media pembelajaran yang tersedia dilingkungan pendidikan AUD.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan upaya untuk menstimulasi, membimbing,  mengasuh,  dan memberikan kegiatan pembelajaran yang mampu menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak.

Proses pembelajaran dimulai dari merancang suasana pembelajaran yang meliputi pengelolaan lingkungan belajar dan metode pembelajaran yang diharapakan agar anak dapat menerima segala sesuatu yang disampaikan oleh pendidik. Selanjutnya menjalankan atau melaksanakan pembelajaran yang meliputi:
🔸Proses pembelajaran tidak perlu diatur dalam tata urutan yang ketat
🔸Dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya sebaiknya dimulai dengan kegiatan yang dapat merangsang minat anak
🔸Kegiatan yang dijalankan anak dalam satu hari hendaknya bervariasi antara kegiatan yang bersifat ramai dan kegiatan yang melatih konsentrasi anak

Tujuan program pembelajaran adalah untuk mengoptimalkan perkembangan anak secara menyeluruh serta terjadinya komunikasi interaktif.

Fungsi program pembelajaran diantaranya:
🔸Mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki anak sesuai dengan tahap perkembangannya
🔸Mengenalkan anak dengan dunia sekitar
🔸Mengembangkan sosialisasi anak
🔸Mengenalkan anak pada peraturan dan menanamkan disiplin pada anak
🔸Memberikan kesempatan kepada anak untuk menikmati masa bermainnya

Prinsip-prinsip rencana pembelajaran AUD:
🔸Sesuai dengan tahap perkembangan anak
🔸Memenuhi kebutuhan belajar anak
🔸Memuat seluruh aspek perkembangan anak
🔸Mengoptimalkan potensi lingkungan
🔸Operasuonal yaitu tujuan yang jelas dan dapat diukur serta dapat dilaksanakan

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan pendidik dalan melakukan kegiatan pembelajaran kepada peserta didik untuk mencapai kompetensi tertentu.

Pada pembelajaran AUD, metode pembelajaran dirrancang dalan kegiatan bermain yang bermakna dan menyenangkan bagi anak.

Metode pembelajaran yang dapat dilaksanakan disatuan pendidikan AUD yaitu:
🔸Bercakap-cakap atau dialog
🔸Bermain
🔸Bernyanyi
🔸Pemberian tugas
🔸Karyawisata
🔸Bercerita atau mendongeng
🔸Demonstrasi
🔸Sosiodrama atau bermain peran
🔸Proyek
🔸Eksperimen
🔸Pembelajaran terpadu

Peinsip-prinsip Pembelajaran AUD

Prinsip pembelajaran AUD meliputi:
🔸Berpusat pada anak
🔸Belajar melalui bermain dan bermain seraya belajar
🔸Berorientasi pada kebutuhan anak
🔸Lingkungan yang kondusif
🔸Pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif,  dan menyenangkan (PAIKEM)
🔸Berorientasi pada pengembangan nilai-nilai karakter
🔸Berorientasi pada pengembangan kecakapan hidup
🔸Stimulasi terpadu
🔸Pemanfaatan media belajar,  sumber belajar,  dan narasumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar