Minggu, 01 Oktober 2017

Menanamkan Tauhid Sejak Dini

🌟Mananamkan Tauhid Sejak Dini🌟
@ArtieTeja-MotiVaMoms

🔐Pendidikan anak (tarbiyatul aulad)  bukanlah dimulai dari semenjak kandungan,  sejatinya ia dimulai semenjak kita mencari pasangan hidup (suami/istri).

🔑Tauhid merupakan pondasi paling penting di dunia pendidikan Islam. Bagaimana ketauhidan kita sebagai orangtua akan menjadi teladan untuk pendidikan tauhid kepada anak-anak kita.

♥Salah satu pondasi pendidikan tauhid dimulai dari penanaman nilai-nilai tauhid kepada anak,  dan salah satu kunci keberhasilan pendidikan anak adalah tepatnya metode yang diberikan saat mengenalkan sang anak kepada penciptanya,  Allah Ta'ala.

♦Masa golden age merupakan fase dasar untuk membentuk anak.  Pendidikan dalam keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan seorang anak, sebab keluarga merupakan wahana yang pertama untuk seorang anak dalam. memperoleh keyakinan agama,  nilai,  moral,  pengetahuan dan keterampilan yang dapat dijadikan patokan bagi anak dalam berinteraksi dengan lingkungan.

🔓Rasulullah SAW memberikan contoh penanaman tauhid yang kokoh ketika beliau mengajari anak paman beliau,  Abdullah bin Abbas ketika berboncengan,  beliau berkata kepada Abbas: "Wahai anak,  aku mengajari engkau beberapa kalimat: Jagalah Allah,  niscaya engkau akan dapati Allah di hadapanmu.  Jika engkau memohon, mohonlah kepada Allah. Jika engkau meminta tolong, minta tolonglah kepada Allah".

🔓Teladan lain dalam Al-Qur'an adalah Luqman,  beliau mengajarkan anaknya agar tidak menyekutukan Allah, agar anaknya menyembah Allah semata dan berbakti kepada kedua orangtua (QS.  Lukman:3 & QS.  Al-Israa':23).

Sudahkah kita ingatkan dan berikan teladan kepada anak-anak kita tentang pendidikan tauhid❓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar