Senin, 18 September 2017

Sinergi Orangtua dan Guru

🍃Sinergi Orangtua dan Guru🍃
📝 @ArtieTeja-MotiVaMoms

Setiap anak memiliki potensi untuk terbangunnya akhlak mulia dalam dirinya.  Tinggal bagaimana lingkungan mampu mendukungnya.  Membentengi anak dari pengaruh negatif lingkungan adalah dengan membangun akhlak mulia.

Faktor lingkungan punya peran yang sangat penting terhadap perubahan perilaku anak.

Tiga pilar pendidikan dapat dikategorikan sebagai faktor lingkungan yang berpengaruh dalam perubahan perilaku anak,  yaitu:
1. Lingkungan keluarga sebagai pendidik utama dan pertama
2. Lingkungan sekolah sebagai lingkungan yang dirancang untuk mengarahkan terbangunnya perilaku
3. Lingkungan masyarakat,  lingkungan di luar keluarga dan sekolah.

Perilaku anak adalah hasil dari proses terbangunnya karakter yang sangat ditentukan oleh faktor lingkungan dan sekolah  (lembaga pendidikan yang tugas utamanya adalah membentuk akhlak mulia).

Pembentukan akhlak mulia melalui rekayasa lingkungan sekolah dilakukan melalui strategi: keteladanan,  intervensi,  pembiasaan yang dilakukan secara konsisten,  dan penguatan.

Perkembangan dan pembentukan akhlak mulia memerlukan pengembangan keteladanan yang ditularkan,  intervensi melalui proses pembelajaran/pelatihan,  pembiasaan terus menerus dalam jangka panjang yang dilakukan secara konsisten dan penguatan dengan keyakinan.

Selain lingkungan sekolah,  lingkungan keluarga lebih tidak di sangsikan lagi. Keluarga adalah lingkungan terdekat dengan anak, maka kita lebih mempercayakan kepada kedua orangtua karena mereka pemegang kendali utama pembentukan prilaku anak. Dengan strateginya untuk membangun akhlak mulia.

Sedangkan lingkungan masyarakat adalah lingkungan di luar kendali orangtua dan guru dimana anak akan mendapatkan pengaruh baik positif maupun negatif.  Nah fungsi orangtua dan sekolah (pemegang amanah)  hanya bisa memberi arah agar anak mendapatkan pendidikan positif dari lingkungan masyarakat.

Di sinilah pentingnya sinergi antara orangtua dan guru di sekolah sebagai fasilitator untuk mencegah anak terpengaruh nilai2 negatif dari lingkungan masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar