Senin, 07 Maret 2016

Peran Ibu Dalam Pendidikan Anak

Muadz bin Jabal, 25 feb 2016
Pembicara : Ustadzah Nunung Bintari.
#dirangkum oleh Mom Moli & Mom Alma.

📌 Selama kita masih hidup, kita tetap bertanggung jawab terhadap anak2, cucu2 kita, untuk selalu turut andil dalam pendidikannya dan membimbing mereka dalam Islam. Jangan sampai ada keturunan2 kita yang keluar dari Islam dan berperilaku menyimpang.

📌Ibu adalah ustadzah pertama, sebelum anak kita berguru kepada ustadz besar sekalipun. Jangan sampai kita kalah saing dengan guru2 anak kita, sama guru mereka patuh, tapi sama orangtuanya malah tidak patuh dan tidak mau mendengarkan. Kita harus selalu menjadi yang no1 di hati mereka.

📌 Kecerdasan,  keuletan dan perangai sang ibu adalah faktor dominan bagi masa depan anak (bahkan sudah berpengaruh saat mengandung mereka).

📌 Bagaimana wanita bisa menjadi pendidik yang baik bagi anak2nya :
1. Perbaiki diri sendiri--- Bagaimana mungkin seorang Ibu bisa mendidik anakny menjadi orang yang baik kalau dia sendiri tidak memiliki kebaikan tsb dlm dirinya?
"sesuatu yang tidak punya tidak akan bisa memberikan apa2 " (petuah)

2. Menjadi teladan bagi anaknya--- Pentingnya teladan dalam sikap dan tingkah laku orangtua di hadapan anak2. Para ulama menjelaskan bahwa pengaruh yang ditimbulkan dari perbuatan dan tingkah laku yang terlihat, lebih besar pengaruhnya daripada ucapan.

Sekolah sebagus apapun akan percuma kalau karakter dan perilaku orangtua sehari2nya tidak baik.

3. Memilih metode pendidikan yg baik bagi anak---salah satunya dengan memilihkan sekolah yang baik bagi anak. Yang sesuai dengan syariat Islam. Anak kita karakter dan bakat sperti apa, sesuaikan juga dengan sekolahnya.

📌 Ajarkan anak sholat dengan penuh kebahagiaan, bertahap, pelan2, sehingga anak merasa tidak terpaksa dan takut. Semisal masih banyak kurang sempurna nya, seperti terburu2 atau lain sebagainya , tidak masalah jangan dimarahi, karena masih dalam tahap belajar. Ikuti aturan dalam Islam, usia 7 diajarkan sholat (pengenalan dengan melihat sudah bisa dimulai saat 1-2th), dan usia 10 dipukul kalau tidak mau sholat. Pemberian hadiah juga gpp sebagai motivasi di awal.

📌 Hati2 dengan cara kita berkomunikasi terhadap anak kita karena berpengaruh besar terhadap cara mereka bersikap di masa depan. Anak tidak pandai berkomunikasi karena pola komunikasi orangtuanya.

📌 Hadirkan diri kita saat anak masuk masa baligh (haid pertama, mimpi basah pertama) . Ini adalah titik penting. Komunikasi yang baik dan benar orangtua kepada anaknya saat itu, akan membuat anak tidak malu/minder/takut dan paham kewajibannya dan tetap terarah dalam koridor perilaku yang benar.

Ideal nya para ayah turut serta memberikan komunikasi yang baik dan tepat saat anak laki2nya masuk masa baligh.

4. Kesungguhan dan keseriusan mendidik anak----karena anak adalah titipan, amanah dari Alloh

📌 Kewajiban yang pertama diajarkan kepada anak adalah :
Al-Quran, Iman kepada Alloh , para malaikat, kitab2 suci, rasul, hari akhir, takdir Alloh, juga memperkokoh pemahaman tauhid yang murni dalam jiwa mereka, agar menyatu dlm relung hati

📌 Jadi yang paling pertama diajarkan adalah al-Quran. Ajarkan membaca Quran pertama kali, sebelum mengajarkn yang lain (mathematika, dsb)

📌 Wajib bagi para Ibu memberikan "perhatian yang besar" dalam mendidik anak2 nya.

📌 Jadilah Ibu yang Sholehah, InsyaAlloh anak2nya juga menjadi sholeh/Sholehah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar