Rabu, 23 Oktober 2013

Penerapan Metode Montessori



A.     Deskripsi
Setelah mengidentifikasi karakteristik umum masa kanak-kanak. Maria Montessori kemudian berkonsentrasi pada cara terbaik untuk menerapkan penemuannya dalam membesarkannya dan pendidikan anak. Untuk melakukan hal ini, ia merumuskan apa yang sekarang disebut Metode Montessori. Metode Montessori adalah sebuah metode pendidikan bagi anak yang dalam penyusunannnya berdasarkan pada teori perkembangan anak. Metode ini pertama kali digagas oleh seorang dokter dari Italia yaitu Maria Montessori pada akhir abad 19 dan awal 20. Metode ini secara umum dilaksanakan di taman kanak-kanak (preschool) dan sekolah dasar (elementary school). Karakteristik dari metode ini adalah menekankan pada aktivitas yang dimunculkan oleh diri anak dan menekankan pada adaptasi lingkungan belajar anak pada level perkembangannya dan peran dari aktivitas fisik dalam menyerap konsep pembelajaran dan kemampuan praktis.[1] Tujuan utamanya adalah:
·        Memfasilitasi pengembangan kepribadian unik anak.
·        Membantu sosial dan emosional untuk menyesuaikan diri dengan baik dan tumbuh sebagai anak yang secara fisik kuat dan bahagia.
·        Membantu memungkinkan anak untuk mengembangkan kapasitas intelektual.
Kemudian dijelaskan pula bahwa Filosofi dari Montessori adalah membangun ide bahwa perkembangan dan pola pikir anak berbeda dengan anak dewasa, mereka bukan miniatur orang dewasa. Montessori menyatakan persamaan hak anak didik, maka anak akan belajar untuk berkembang sendiri menjadi dewasa, akan tetapi tetap dengan bimbingan dari guru.
Arah dan Tujuan Metode Montessori
Montessori menekankan pentingnya pendidikan motorik ,sensorik, dan bahasa bagi anak-anak prasekolah. Menurut Montessori, pendidikan motorik yang mengarahkan gerakan-gerakan anak menjadi gerakan yang lebih berarti akan membuat anak lebih tenang, gembira, dan puas. Sementara pendidikan sensorik adalah pendidikan yang meletakkan dasar kemampuan intelektual anak melalui pengamatan terus menerus sambil melakukan perbandingan dan penilaian. Adapun fungsi pendidikan bahasa adalah agar anak mampu mengekspresikan diri. Ketiga macam pendidikan inilah yang bila diberikan secara terpadu akan mengantarkan anak menjadi suatu keutuhan pribadi yang mandiri.
PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN
Sudah ada penelitian yang cukup besar sejak Montessori mengembangkan di bidang kepribadian, dan banyak ide-idenya yang konsisten dengan penelitian saat ini. Orang melihat Montessori sebagai suatu keseluruhan yang terintegrasi dan percaya bahwa seorang anak membangun atau menciptakan kepribadian berfikir partisipasi aktif dengan lingkungan saat ia berusaha untuk aktualisasi diri. Dia mengidentifikasi beberapa tahapan yang berbeda dari pengembangan dan kepercayaan seseorang sebagai keterlibatan orang dewasa pada kemajuan yang memuaskan di setiap tahapannya.
·        Selama tahap pertama (bayi), anak perlu dibuat merasa aman dan membangun hubungan kedekatan dengan orang tua, pengganti ibu atau ibu, dan kebutuhan fisiknya harus dipenuhi.
·        Pada tahap berikutnya, anak harus mengembangkan kemandirian. Anak masih membutuhkan orang dewasa, terutama ketika anak sedang mencoba untuk melakukan hal-hal sendiri, karena jika anak gagal terlalu sering, anak akan kehilangan kepercayaan dan mulai meragukan kemampuan sendiri. Montessori yakin bahwa pada usia ke 3 “anak telah meletakkan dasar-dasar kepribadiannya” sesuatu yang kebanyakan orang tua akan setuju dengan pengamatan mereka sendiri dengan melihat saat anak tumbuh.
·        Pada tahap akhir yang berlangsung dari usia 3-6 tahun, yang sesuai dengan fase dari penyerapan pikiran, kepribadian anak akan mudah dibentuk cukup untuk menjadi ‘normal’, seperti Montessori menaruhnya. Ini berarti bahwa dengan penanganan hati-hati dan simpatik, anak masih bisa datang ke istilah baik dengan dirinya sendiri dan dunia luar, dan akan muncul untuk menjadi bahagia.
Montessori juga percaya bahwa anak-anak dilahirkan dengan posisi yang berbeda dan kekuatan karakter yang berbeda. Beberapa anak yang kuat dan beberapa lemah meskipun tidak satupun dari deskripsi harus dilihat sebagai nilai penghakiman masing-masing (dapat dilihat pada grafik) yang menetapkan berbagai jenis karakteristik yang muncul selama 6 tahun pertama kehidupan anak.
Berdasarkan pengamatan Montessori dengan seksama terhadap perilaku anak didiknya, Montessori berkesimpulan bahwa: "di dalam tubuh anak pada dasarnya tersimpan semangat belajar yang luar biasa". Menurut Montessori perilaku anak yang tampak cuma berlari kian kemari, menyentuh, memegang, mengamati bahkan merusak benda-benda yang menarik baginya, sebenarnya merupakan gaya belajar mereka yang khas. Selain itu menurut Montessori anak akan mendapatkan kepuasan dalam proses "pencarian" bila dia diberi kebebasan untuk memilih aktifitasnya sendiri dan melakukannya sendiri , "help me to do it myself " jadi biarkan anak melakukannya sendiri.
            Sekolah Montessori berusaha untuk mengajarkan anak rasa kekeluargaan dan membantu mereka untuk hidup berdampingan dengan orang lain. Dengan membentuk ikatan antara orang tua, guru, dan anak. Montessori berusaha menciptakan lingkungan dimana anak dapat belajar untuk berdikari, menjadi bagian keluarga sehingga mereka dapat menyayangi yang lebih muda, belajar dari yang lebih tua, mempercayai orang lain, dan belajar menjadi asertif bukannya agresif. Sekolah Montessori berbeda bukan karena materi pelajaran yang dipakai di kelas saja, tetapi kelas ialah tempat dimana anak ingin berada karena kelas adalah rumah kedua bagi mereka.[2]
Peran Orang Tua
Peran orang tua adalah membantu kepribadian anak berkembang selama 6 tahun pertamanya, sebagai orang tua butuh untuk menyadari pentingnya peran orang tua dalam pembangunan ini, serta pentingnya sikap terhadap menangani berbagai situasi yang muncul dari hari ke hari. Aturan emasnya adalah:
·        Untuk memungkinkan kebebasan dalam batas.
·        Menghormati individualitas anak.
·        Untuk menolak memaksakan kehendak anda sendiri dan kepribadian pada anak.
Bila anak dibiarkan melakukan segalanya sendiri, apa peran pendidik? Apa gunanya guru ? Orang tua harus bagaimana?
Menurut Montessori, tugas pendidik atau orang tua adalah menyiapkan lingkungan belajar yang responsif pada kebutuhan anak. Dalam hal ini pendidik atau orangtua tetap perlu menetapkan, menentukan aturan-aturan dan membimbing anak tanpa anak terlalu merasakan kehadiran sang pendidik. Dengan kata lain, pendidik hanya mengarahkan dan menolong anak jika dibutuhkan sehingga dia tidak berpotensi menjadi penghalang antara anak dengan pengalaman-pengalaman barunya.

Grafik 1. Penerapan Metode Montessori
PENTINGNYA KEKUATAN KREATIF DALAM DIRI ANAK


BERINTERAKSI DENGAN


KONDISI LINGKUNGAN



KARAKTER KUAT                                      KARAKTER LEMAH


           

Miskin Interaksi                               Baik Interaksi                                Miskin Interaksi
MASALAH PERILAKU                   ANAK NORMAL                 MASALAH PERILAKU
  Kuat                                            Harmoni dan Kerukunan                  Lemah
1. Koordinasi buruk                     1. Suka memberi                              1. Berantakan
2. Kebingungan mental                 2. Cinta pekerjaan                            2. Menganggur, bosan
3. Imajinasi super extra                3. Keterikatan dengan realitas            3. Menunjukkan takut
4. Berisik, mengganggu                4. Cinta damai dan bekerja sendiri     4. Selalu ingin dibantu bekerja
5. Posesif, egois                           5. Tidak posesif                                5. Sering mencuri
6. Bandel                                     6. Patuh                                            6. Rasa takut
7. Tidak dapat berkonsentrasi      7. Konsentrasi                                   7. Tidak dapat konsentrasi
8. Agresif                                     8. Merdeka dan inisiatif                     8. Malas, pasif
9. Disiplin diri yang buruk              9. Disiplin                                         9. Buruk disiplin diri
10. Tidak baik untuk orang lain     10.Memiliki sukacita                        10. Menangis, mimpi buruk,
    takut kegelapan
MEMBANTU PENYESUAIAN SOSIAL DAN EMOSIONAL
Pengembangan kecerdasan sosial emosional sangat diperlukan untuk menjadikan anak mandiri. Hal ini harus dilakukan sejak anak usia dini. Salah satunya dapat dilakukan dengan Metode Montessori. Dalam metode ini, anak-anak dididik untuk tidak bergantung lagi pada orang lain, seperti pengasuh atau orang tuanya. Pendidikan prasekolah metode ini, lebih difokuskan pada kecerdasan sosial emosionalnya atau EQ (emotional quotient). Dengan program ini anak-anak akan dirangsang keterlibatannya dalam bermain dan belajar bertanggung jawab. Dengan demikian, kemandirian anak-anak akan terlatih sejak dini
Pada usia sekitar 6 tahun anak harus menyesuaikan diri dengan baik secara sosial, dapat berperilaku dengan cara yang dapat diterima sesuai dengan norma-norma kelompok anda (masyarakat). Anak harus dapat bekerja sama dengan anak-anak sebaya dan telah mengembangkan sikap peduli dan hormat terhadap orang lain. Anak seharusnya menampilkan kestabilan emosi dan memiliki tampilan normal pada orang tuanya. Usia ini anak tidak boleh masih terlalu berpegang kepada anda dan memerlukan penguatan konstan anda. Jika dia melakukannya, itu menunjukkan di suatu tempat di sepanjang garis, ia telah kehilangan kepercayaan pada dirinya sendiri dan ini perlu ditingkatkan. Anak seharusnya, sebagai gantinya, cukup senang tanpa anda jika anda telah memberinya jaminan yang diperlukan untuk memulai, dan ketika ia pergi ke sekolah, ia harus dilengkapi dengan baik dan siap untuk menghadapi situasi baru yang mucul. Pendekatan anda untuk disiplin sangat penting dalam bidang pembangunan. Montessori menulis banyak tentang pentingnya mendorong disiplin diri pada anak-anak dan cara anak merasa ini bisa diterapkan. Dia mengidentifikasi 3 tahap ketaatan yang menyebabkan disiplin diri.
·        Tahap pertama: lahir sampai sekitar 18 bulan (0 – 18 bulan)
Hampir tidak ada ketaatan seperti itu, sejak anak sama sekali tidak memahami konsep selama tahap ini. Namun, jika anak diperlakukan dengan konsistensi dan sensivitas, awal dari hubungan kerja sama akan ditetapkan. Yang penting adalah untuk memenuhi semua kebutuhan anak anda dengan tenang dan penuh kasih sayang.
·        Tahap dua: sekitar 18 bulan – 4 tahun (18 – 4 tahun)
Masa transisi. Ketaatan terbukti beberapa waktu, tergantung pada berapa banyak anak anda mengerti. Mereka kunci untuk periode ini adalah menciptakan lingkungan yang aman sehingga anak bisa mengeksplorasi dengan bebas tanpa anda terus menerus harus mengatakan ‘tidak’. Selalu luangkan waktu untuk menjelaskan hal-hal, sehingga pemahamannya tumbuh, keadaan marah dapat dihindari dengan cara ini. Anak juga dalam periode ketika anak sensitif untuk menuntut, sehingga sangat penting untuk menetapkan rutinitas yang memberinya keamanan.
·        Tahap tiga: sekitar 4 – 6 tahun
Pemahaman anak meningkat selama waktu ini, dan pada usia 6 tahun anak harus melakukan apa yang anak beritahu melalui pemahaman ini dan melalui keinginannya untuk menyesuaikan. Banyak orang tua akan menyadari bahwa anak-anak mereka sangat konservatif dan tidak ingin menjadi ‘berbeda’. Yang sangat penting pada tahap ini adalah untuk memberinya waktu untuk menyelesaikan kegiatan, mencoba untuk mengatur hal-hal sehingga anda tidak selalu harus buru-buru atau menghentikan dia dari menyelesaikan sesuatu yang telah anak mulai. Hal ini berlaku sama untuk permainan atau untuk sesuatu yang lebih mendasar seperti mencuci tangan. Anda tidak bisa mengharapkan seorang anak untuk belajar berkonsentrasi jika ia selalu diganggu dalam melakukan sesuatu. Penyelesaian yang memuaskan dari tugas merupakan bagian integral dari Metode Montessori, untuk anak anda, adalah hadiah itu sendiri dan mengarah ke disiplin diri.
            Disiplin nyata bukanlah tentang mendapatkan seseorang anak untuk melakukan apa yang anak bilang, untuk pergi tidur pada waktu tertentu atau menyingkirkan mainannya. Ini adalah tentang membantu anak untuk tumbuh mandiri, dengan menghormati orang lain dan kontrol atas takdirnya sendiri. Ini adalah tentang mendapatkan anak untuk peduli dan memahami cukup tentang dirinya sehingga anak dapat membangun kendali diri.
            Ini hanya dapat ditimbulkan oleh perasaan hangat dan menerima lingkungan dimana anda perlu menghormati anak anda, toleransi terhadap perasaan dan bersiap-siap untuk memberikan cukup waktu untuk membuat yakin anak telah mengerti mengapa anak diharapkan untuk berperilaku dengan cara tertentu. Hal ini sangat penting untuk memiliki batas, tentu saja, tetapi membatasi sesuai usia dan tingkat pemahaman anak anda. Dalam pengaturan mereka, anda perlu pastikan anda benar-benar tahu anak anda. Tanyakan pada diri anda jika anda harapkan dia alasan (dapat) apakah mereka benar-benar dalam kemampuan? Misalnya, jika dia terus-menerus gelisah pada waktu makan. Apakah anda yakin anak benar-benar dapat nyaman saat di kursi? Jika anak duduk di bantal, mungkin itu keadaan yang membuatnya merasa tidak aman. Mungkin anda harus menaruh anak di kursi booster untuk sementara waktu sehingga ia nyaman dapat mencapai meja.
            Yang penting adalah untuk mengadopsi pendekatan yang positif. Jika anda terus menerus memberikan pendekatan negatif, anak akan segera mengambil pesan bahwa anak tidak pernah dapat mencapai persetujuan anda, dan anak segera menyerah untuk mencoba, membuat situasi lebih buruk. Jangan mengharapkan anak untuk menjadi sempurna, jadi cobalah untuk tidak terlalu kritis. Jika anda mengadopsi sikap yang mendorong, anak akan ingin melakukannya karena anak secara alami tertarik untuk menyenangkan anda.
            Tidak adil untuk mengharapkan anak anda untuk melakukan sesuatu yang anda tidak siap melakukan sendiri. Sekali lagi keadaan nyaman adalah jarang ada konflik: anda dapat memberitahu anak anda untuk duduk pada waktu makan atau mungkin melarang untuk membawa mainan atau buku ke meja, belum melihat diri sendiri secara kritis dan tanyakan pada diri sendiri seberapa sering anda sendiri beristirahat di atas meja, kursi anda atau membaca surat kabar selama makan! Ini berarti membuat upaya untuk menetapkan aturan atau pedoman yang adil, dan untuk mengkomunikasikan mereka dengan baik untuk anak anda, menjelaskan persis apa yang diinginkan dan, jika anak cukup dewasa untuk mengerti, mengapa. Terakhir, tetapi tidak sedikit, selalu berusaha untuk menjadi konsisten dalam harapan anda jika seorang anak selalu  melanggar aturan, maka sangat mungkin karena aturan tidak pantas.
Keterangan Gambar 1
Selalu mencoba untuk menciptakan lingkungan yang aman untuk anak anda, dimana ia dapat menjelajahi bebas, ini adalah bagaimana dia belajar. Menjelaskan kepadanya (seperti ibu ini melakukan) mengapa dia harus melindungi dirinya sendiri terhadap matahari dari pada hanya memerintah dia untuk melakukannya.
Keterangan Gambar 2
Bermain dengan yang lain membantu untuk mengembangkan ketrampilan sosial. Juga dapat mendorong belajar dan mengembangkan konsentrasi, juga terutama ketika bermain mengasyikkan seperti di kotak pasir ini.
            Satu titik terakhir: Maria Montessori melihat ganjaran dan hukuman memiliki pengaruh padanya secara filsafat pembinaan disiplin diri yang sesuai terhadap anak. Dia percaya bahwa anak-anak tidak harus dimotivasi dengan hadiah bahkan jika mereka melakukan hal yang benar, karena itu akan mendorong mereka untuk terus melakukan aktivitas demi kebenaran bukan untuk kesenangan pada aktivitas itu sendiri. Dia melihat hukuman sebagai lingkaran setan seorang anak yang terus-menerus dihukum menjadi sangat takut melakukan sesuatu yang salah bahwa otaknya menjadi kacau dan bingung; dan sebagai akibatnya, dia akan melakukan kesalahan lagi, yang akan menyebabkan hukuman lagi.
§  Peran Orang tua dalam Proses Sosialisasi
·        Tidak menjadi over-posesive atau over-protective ke arah anak anda, seperti ini akan menghalangi keinginan mandirinya untuk mengeksplorasi dan menemukan dengan dirinya sendiri. Anak over-protected lebih cemas dan menunjukkan kurang orisinalitas dari pada teman-teman sebayanya.
·        Jangan membuat tuntutan berlebihan pada kasih sayang anak anda. Ini adalah bukan untuk mengatakan anda harus tidak memiliki kehangatan kepadanya, atau menolak dengan cara apapun. Jika anda, anak mungkin menunjukkan keinginan yang berlebih untuk persetujuan atau kasih sayang dari orang dewasa lainnya, seperti guru. Karena anak mungkin kurang dalam keyakinan, anak mungkin berperilaku korban dan tidak mengembangkan kemampuan untuk berkonsentrasi dengan baik.
·        Tidak bertindak dengan cara otoriter. Ini bisa menyebabkan anak anda menjadi malu-malu atau tidak asertif, untuk memberikan penampilan yang taat dan sopan. Ini bukan ketaatan nyata, melakukan apa yang benar karena ia tahu lebih baik; ini adalah persetujuan pasif tanpa protes, anak diberitahu untuk menghindari beberapa perbuatan. Anak bisa menjadi baik atau malah sebaliknya. Melakukan perlawanan yang terus-menerus mengganggu dan menjadi agresif dan nakal. Tidak ada yang lebih buruk daripada mengatakan seorang anak untuk melakukan sesuatu “karena saya mengatakan begitu”. Hal ini menyebabkan kebencian dibenarkan, dan anak usia 4 - 6 tahun orang tua akan segera belajar untuk menjawab masalah, membangun sebuah lingkaran setan konfrontasi antara anda dan anak.
·        Jangan terlalu santai. Menjadi over permisif menghasilkan anak yang cenderung menunjukkan perubahan suasana hati dari kurangnya keyakinan itu dan  mengembangkan sedikit atau tidak ada kontrol diri. Cobalah untuk menjadi demokratis, melibatkan anak dalam pengambilan keputusan dan memungkinkan anak bebas untuk mengekspresikan ide-idenya sementara cukup jelas tentang seberapa jauh anda siap untuk melepasnya. Jika anda mendorong anak untuk mengembangkan ketrampilan yang penting tetap menjaga pendekatan yang masuk akal untuk keselamatan, anda akan menemukan anak akan baik-baik saja dan bahagia.
PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN INTELEKTUAL ANAK   
Definisi umum tentang apa yang dimaksud dengan kecerdasan adalah bahwa hal itu adalah kemampuan untuk mempelajari ketrampilan baru dan dapat menggunakan mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan dan budaya di mana orang hidup. Karena budaya yang berbeda menghargai ketrampilan yang berbeda, ada pandangan yang berbeda dari kecerdasan. Selain itu, dianggap berbagai jenis kecerdasan. Kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan belajar adalah salah satu fakta, kemampuan untuk memecahkan masalah lain dan kemampuan untuk menggunakan informasi yang diperoleh dengan cara yang kreatif adalah sepertiga.
            Kesadaran dari semua aspek yang berbeda dari kecerdasan akan membantu anda untuk memahami apa yang terjadi kepada anak anda ketika anda menemukan bahwa, sebagai 3 tahun, anak mengalami kesulitan lebih dalam memegang pensil dan menggambar gambar dari pada sahabatnya. Anda mungkin menemukan anak lebih mampu menghitung atau memiliki rasa yang lebih baik dari irama musik pada usia yang sama. Semua anak berbeda, dan mereka harus mengembangkan kemampuan intelektual yang berbeda dalam waktu mereka sendiri tanpa tekanan dari orang tua mereka.
            Montessori menekankan beberapa cara penting dimana orang dewasa membantu anak-anak untuk mengembangkan potensi intelektual mereka, dan ini dapat disimpulkan dengan cara sebagai berikut:
·        Memungkinkan anak anda untuk menjadi aktif, bantu anak belajar melalui sensorik dengan mengeksplorasi dunia di sekitarnya.
·        Mengenali periode sensitif dan memungkinkan anak untuk mengulangi aktivitas sampai anak telah menyempurnakan.
·        Menyadari pentingnya motivasi dan bagaimana hal itu mempengaruhi belajar.
Seorang anak ingin belajar. Tidak perlu melakukan sesuatu untuk memotivasi anak, seperti menawarkan permen jika anak belajar untuk kali kedua. Dengan cukup dorongan dari anda. Motivasi bawaan untuk belajar akan muncul. Kini untuk dirinya, anak secara spontan akan memilih untuk melakukan sesuatu yang menarik. Sayangnya, beberapa anak-anak kehilangan motivasi bawaan ini karena keingintahuan alami sudah frustasi. Anak-anak seperti ini sering mengalami kesulitan dalam menetap di sekolah. Meskipun guru yang baik akan membuat usaha untuk menemukan cara memotivasi ulang anak-anak tersebut, kadang-kadang mereka tidak bisa, dan resistensi jangka panjang terhadap sekolah dapat membangun.
Implikasi untuk anda sebagai orangtua adalah bahwa, seperti dengan disiplin yang terbaik tidak ada coba-coba dan memaksakan kehendak anda pada anak anda. Anda mungkin berpikir anda tahu apa yang terbaik baginya dengan bermain, tetapi apakah itu benar? Mungkin anak anda adalah sibuk mengambil panci dari lemari dapur. Anak mungkin membuat lebih banyak suara, dan anda mungkin bertanya-tanya mengapa anak tidak bermain dengan mainan konstruksi mahal yang anda beli untuknya. Tapi, anda katakan kepada diri sendiri, memang lebih pendidikan? Namun jika anda melihat apa yang anak lakukan di lemari, anak bahkan mungkin terlibat dalam banyak belajar tersembunyi. Anak bisa menumpuk panci, misalnya, dan ini melibatkan menyortir, yang merupakan elemen penting dalam awal matematika, atau anak dapat menempatkan sesuatu dalam merk dan membawa mereka keluar lagi belajar tentang volume sebagai elemen awal matematika. Anak tidak tahu melakukan hal ini, tentu saja, tetapi jika anda mengambil kesulitan untuk duduk dengan anak dan menyarankan cara-cara baru menyortir panci mereka, atau pas tutup tepat ke masing-masing, anda mungkin membantu pengembangan intelektualnya hanya sebanyak seolah-olah anda telah membantunya membuat tower dengan legonya. Jika anda menghapus anak dari lemari panci hanya ketika anak benar-benar terlibat, akan ada hampir pasti akan menangis dan marah dan dengan cara ini bisa saja anda menyalahkan anak?
§  Mendorong pembelajaran mandiri
Salah satu manfaat dari beberapa pendekatan Montessori adalah bahwa anak belajar mandiri. Cara untuk mendorong ini adalah untuk memungkinkan anak anda untuk melakukan kegiatan yang paling ia sukai, mendorong anak untuk menyelesaikan dan kemudian biarkan anak menemukan kesalahan dirinya sendiri. Nasihat untuk orang tua adalah untuk memberitahu anak bahwa anak telah melakukan kesalahan. Jika anak dapat belajar untuk memahami, lebih sering dari pada tidak, anak akan menemukan sendiri bagaimana untuk bisa melakukannya dengan benar. Di kelas Montessori, sering memiliki apa yang disebut sebagai “kontrol kesalahan” yang dibangun, yang berarti bahwa ada sesuatu tentang materi yang memberikan anak petunjuk untuk cara yang benar dalam melakukan aktivitas.
Anda dapat melakukan di rumah. Jika anda ingin anak anda mengatur meja dengan benar, misalnya, pastiakan bahwa anak memiliki jumlah yang benar dari pisau dan garpu untuk memulainya, sehingga ketika ia telah selesai, jika anak memiliki satu pisau terlalu sedikit, anak tahu harus dua kali lipat di suatu tempat dan anak bisa kembali dan memeriksa dengan dirinya untuk melihat di mana pisau yang hilang telah pergi, tidak perlu bagi anda untuk mengatakan “anda punya salah!” Anak akan terbiasa mendapatkan hal yang benar oleh dirinya sendiri dan menjadi pembelajaran mandiri.
§  Meniru
Mengakui bahwa anak anda akan mendapatkan sebagian besar belajar lewat mengamati ketrampilan baru dan meniru orang dewasa dan anak-anak lain, jenis pembelajaran kadang-kadang dikenal sebagai modelling (meniru).
Jika anda menyadari hal ini aspek pembelajaran, itu akan membantu anda untuk mempertimbangkan dengan hati-hati cara anda berperilaku di depan anak anda misalnya, seorang anak yang mengamati orangtua yang agresif mungkin berpikir ini adalah normal dan itu tidak apa-apa baginya untuk menjadi agresif juga. Di sisi lain, jika anak dibesarkan oleh orang tua yang selalu lembut dan ramah, anak cenderung untuk menyalin perilaku ini dan secara tidak sadar mencoba untuk menirunya. Beruang ini dalam pikiran ketika anak anda menunjukkan sesuatu yang baru, selalu berusaha untuk melakukan hal-hal yang sangat lambat dan hati-hati sehingga anak dapat dengan mudah menyalin anda dan melalui berusaha keluar untuk dirinya sendiri, akhirnya belajar ketrampilan baru.
§  Membantu anak untuk belajar hal-hal secara bertahap.
Ketika bekerja dengan anak-anak dengan kebutuhan khusus, Montessori mengamati bahwa lebih mudah bagi mereka untuk mengetahui apakah ia mengajar mereka satu hal pada suatu waktu dan memastikan mereka telah menyelesaikan ini terlebih dahulu sebelum pindah ke tahap berikutnya. Dia mencoba pendekatan dengan anak-anak normal dan menemukan bahwa itu bekerja dengan mereka juga. Ini mungkin tampak jelas ketika ditulis disini, tetapi ketika anda menunujukkan sesuatu yang anak baru anda, pastikan bahwa anda tidak pergi terlalu cepat baginya, dan bahwa masing-masing “langkah” cukup kecil baginya untuk menangani dengan nyaman. Mengajarinya cara ini, dan anak mungkin akan berhasil.

Keterangan gambar 3
Membantu untuk mempersiapkan makan dengan mengambil bagian dalam menata meja adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak anda. Terlebih lagi, memberikan kesempatan lain untuk belajar aktif, karena mencakup kegiatan seperti sortasi perak dan menuangkan air dari satu ke lain kontainer.
§  Membantu anak mengembangkan konsentrasi
Jika anda dapat membantu anak anda mengembangkan konsentrasi sejak usia dini, anda akan memberinya kemampuan yang akan memberi anak manfaat yang baik ketika anak pergi ke sekolah. Cara Montessori merekomendasikan bahwa anda mengembangkan konsentrasinya adalah dengan selalu membuat dan memastikan bahwa aktivitas apapun yang anda berikan kepada anak untuk dilakukan adalah sesuai untuk anak seusiannya dan sesuai kemampuannya. Anak-anak kehilangan minat ketika hal-hal yang baik terlalu sulit atau terlalu mudah.
§  Mendorong sikap positif untuk belajar.
Jika anda memiliki sikap positif terhadap anak anda ketika ia mencoba untuk belajar sesuatu, ia akan di dorong dan, pada gilirannya, ia akan positif juga.
§  Membantu mengembangkan ketrampilan memori
Diperkirakan bahwa ada beberapa jenis memori: beberapa anak dapat belajar dengan hafalan lebih mudah dari pada yang lain, beberapa tampaknya memiliki memori auditori yang baik, sementara belum lain memiliki memori yang baik untuk gerakan. Montessori merancang beberapa permainan untuk membantu memori visual dan auditori yang baik, sementara belum lain memiliki memori yang baik untuk gerakan. Montessori merancang beberapa permainan untuk membantu memori visual dan auditori, dan beberapa termasuk nanti dalam buku ini. Mereka akan memberikan latihan anak anda dalam ketrampilan tertentu, dan karena mereka akan melakukannya dalam konteks permainan, maka akan sangat menyenangkan baginya.
§  Mendorong perkembangan bahasa
Montessori menulis banyak tentang pentingnya perkembangan bahasa selama 6 tahun pertama kehidupan saat anak sedang dalam masa sensitif dan penelitian sejak waktunya telah menarik perhatian pada hubungan antara bahasa dan pembelajaran, bahasa dan pikiran. Dia adalah pendahulu dari satu teori penting yang menyatakan bahwa anak lahir dengan kapasitas alami untuk bahasa dan komunikasi karena kita sebagai manusia memiliki struktur bawaan yang memungkinkan kita untuk memahami suara dan kata-kata yang kita dengar.
Hal ini tidak sulit untuk melihat mengapa anda harus menyadari pentingnya perkembangan bahasa dan hubungannya dengan kecerdasan. Dari awal bahkan sebelum pidato dikembangkan, komunikasi antara anda dan bayi anda adalah di dorong anak suka mendengar suara anda, menonton wajah anda dan fokus pada mata anda tepat dari saat kelahiran, dan jawabannya adalah untuk tersenyum. Anda akan berbicara lebih banyak, sehingga anak tersenyum lebih.
Semakin anda terlibat dalam kegiatan bahasa dengan anak anda menjadi lebih baik. Berbicara kepadanya, memberi anak instruksi, anak bercerita, membaca kepadanya dan tentu saja, mendengarkan anak adalah penting.
Sebagai orang tua anda akan dapat dipanggil untuk memainkan banyak peran dalam kehidupan anak anda. Pertama dan terutama, anda harus membuat lingkungan yang penuh kasih sehingga anak anda tumbuh membentuk hubungan intim dalam grup keluarga. Ini memberikan suara dasar dan memungkinkan untuk membentuk anak untuk berarti dan langgeng dalam hubungan dengan orang lain di luar keluarga.
Anda juga harus memberikan perawatan sehari-hari untuk memastikan anak memiliki kesehatan dan keamaman dalam hidup. Peran lain adalah untuk membantu anak anda membangun kepribadian unik anda harus cukup fleksibel untuk tidak memaksakan kepribadian anda sendiri dan akan kepadanya. Namun lain adalah untuk mendorong pengembangan kemerdekaan, untuk memungkinkan kebebasan citra diri anak yang baik dan rasa aman.
Anda juga harus membuat lingkungan yang menstimulasi untuk membawa awal belajar, yang dimulai dari saat kelahiran dan paling mudah terjadi selama tahun-tahun awal, membantu anak anda membangun kehidupan batin yang kaya dan bermanfaat, dan membantu anak menyerap budayanya sendiri dan mengembangkan rasa hormat bagi orang lain.
Maria Montessori menempatkan banyak penekanan pada pikiran penyerapan anak, ia percaya 6 tahun pertama harus benar-benar masa paling penting dalam perkembangan anak. Peran orang tua tidak boleh diremehkan.

USIA DAN TAHAPAN

§  TAHAP DAN PERKEMBANGAN USIA 2 TAHUN
·        Penyerapan pikiran bawah sadar: pertumbuhan fisik / ketrampilan
-        Keseimbangan kontrol fisik dan mobilitas meningkat jauh.
-        Memanjat dan menuruni tangga
-        Membaca segala sesuatu yang terlihat
-        Belajar untuk berlari dan melompat
-        Dorong, menarik dan mengangkat benda-benda dan mainan di lingkungan
-        Belajar untuk menendang, melempar dan menangkap bola
-        Kesadaran diri dalam kaitannya dengan ruang
-        Ketrampilan motorik halus berkembang dan berubah, sekarang mulai memanipulasi benda-benda kecil, dan koordinasi tangan-mata berkembang
·        Emosi dan Sosial
-        Mengembangkan rasa diri
-        Mulai mengembangkan ide peran seks, diperkuat oleh reaksi orang tua
-        Takut orang asing dan pemisahan, sering cukup ditandai pada usia ini
·        Kecerdasan / Intelektual
-        Saraf koneksi di puncak otak jangkauan, mereka yang digunakan bertahan hidup
-        Belajar melalui indera penglihatan dan pendengaran meningkat jauh
-        Tajam pengamatan benda-benda kecil (periode sensitif)
-        Cenderung atribut hidup dengan benda mati dan atribut manusia dengan hewan, misalnya berbicara kepada mereka seperti manusia.
-        Ketrampilan berpikir berkembang, anak mulai menggunakan simbol-simbol
-        Fantasi bermain kaya selama periode ini
-        Memori dan perhatian, peningkatan stabil dalam memori jangka panjang dan pendek
-        Kemampuan berkonsentrasi lebih lama
·        Bahasa
-        Nama benda, mematuhi perintah, dan memahami lebih banyak
·        Kata
-        200 / 300 produktif pidato

§  TAHAP DAN PERKEMBANGAN USIA 3 TAHUN
·        Penyerapan Pikiran Bawah Sadar: Pertumbuhan Fisik dan Ketrampilan.
-        Kemampuan fisik mengalami kemajuan yang mantap
-        Berjalan dan berlari dengan percaya diri
-        Menjadi fisik berani, naik apa-apa
-        Ketrampilan motoric halus, gambar mulai menyertakan bentuk yang bisa dikenali.
·        Emosi dan Sosial
-        Konsep diri masih dibentuk dan dipengaruhi oleh reaksi orang lain
-        Menggambarkan dirinya secara fisik, warna rambut, dll
-        Mulai membuat teman-teman, berpusat pada hal-hal bermain bersama
-        Perilaku keterikatan yang kuat dalam situasi yang aneh
-        Keinginan untuk bebas
-        Kestabilan emosi tergantung pada kualitas hubungan dengan orang dewasa
·        Kecerdasan
-        Hidup imajinasi
-        Konsep menjadi lebih kompleks karena mereka membangun gambaran dunia
-        Keinginan yang kuat untuk menyelidiki hal-hal
-        Meningkat secara bertahap memori jangka pendek, mampu ingat 3 digit
-        Mulai mengidentifikasi kejadian di masa lalu dan masa depan
·        Bahasa
-        Peningkatan yang cepat dalam bahasa
-        Tak henti-hentinya mengajukan pertanyaan-pertanyaan
·        Kata
-        1000 produktif pidato

§  TAHAP DAN PERKEMBANGAN USIA 4 TAHUN
·        Penyerapan Pikiran Bawah Sadar: Pertumbuhan Fisik dan Ketrampilan
-        Sangat aktif, menikmati senam, dapat mengontrol gerakan dan merespon ke arah dewasa
-        Mulai berjalan naik dan turun tangga dengan menggunakan kaki alternatif
-        Keterampilan motorik halus berkembang, menarik apa yang tahu bukan apa yang dilihatnya
-        Dapat menggambar bentuk, menulis mulai memiliki kontrol lebih

·        Emosi dan Sosial
-        Pengaruh Gender, lebih suka bermain dengan teman berjenis kelamin sama
-        Persahabatan memainkan peran lebih kuat, lebih penting, anak-anak membedakan antara apa yang orang lain lakukan dan mereka lakukan, dan mereka mulai membuat pilihan tentang siapa mereka bermain dengan
-        Keterampilan sosial sekarang cukup berkembang dan anak-anak percaya diri meninggalkan orang tua untuk pergi ke sekolah atau rumah orang lain tanpa masalah
·        Kecerdasan
-        Konsep pemahaman semakin banyak dipengaruhi oleh penggunaan simbol-simbol, citra mental dan bahasa, lebih sadar akan dunia yang lebih luas di sekitar, misalnya lingkungan
-        Fantasi dan cerita harus dikontrol
-        Bertingkat berdasarkan anak bantuan realitas usia ini untuk memilah-milah fakta dan fiksi
·        Bahasa
-        Tata bahasa yang benar, mulai membaca dan menulis
-        Mampu menghitung sampai 20
·        Kata
-        1500 produktif pidato

§  TAHAP DAN PERKEMBANGAN USIA 5 TAHUN
·        Penyerapan Pikiran Bawah Sadar: Pertumbuhan Fisik dan Ketrampilan
-        Telah mengembangkan ketenangan dan kontrol dan tidak lagi gelisah dan terus bergerak
-        Bermain permainan fisik dinikmati dan pentingnya konten sosial
-        Menikmati mengendarai sepeda dan roller skating di mana koordinasi dan keterampilan yang terlibat
-        Motorik halus kendali sekarang baik - menikmati penghitungan dan menggambar, dan bermain game yang melibatkan keterampilan motorik halus, bangunan mainan konstruksi
-        Menggambar dan menulis terus menjadi lebih halus
·        Emosi dan Sosial
-        Peran gender, kebanyakan anak mengembangkan pandangan stereotip perilaku yang dapat diterima laki-laki dan perempuan
-        Persahabatan menjadi lebih stabil, kepribadian dan kepentingan yang terlibat dalam pilihan yang mereka buat tentang teman-teman
-        Nurani berkembang, anak-anak memahami dan mengikuti aturan
·        Kecerdasan
-        Tumbuh pemahaman tentang hubungan di dunia dan sekitar mereka
-        Mulai memahami proses yang cukup kompleks seperti mana makanan berasal dari
-        Mengembangkan membaca, menulis, dan keterampilan nomor
-        Dibantu oleh struktur dan pendekatan multi-sensori
·        Bahasa
-        Fasih bicara, membaca dan menulis
·        Kata
-        1000 produktif pidato

B.     Rekomendasi
Dalam metode pendidikan Montessori ada beberapa aspek pendidikan yang merupakan prinsip metode pendidikan Montessori yaitu:
1.      Aspek pentingnya kebebasan (Concept of freedom)
Metode pendidikan Montessori menekankan pentingnya kebebasan. Mengapa? Karena hanya dalam nuansa atau iklim yang bebaslah anak dapat menunjukkan dirinya kepada kita. Karena kita bertanggung jawab dalam membantu perkembangan fisik mereka, oleh karena itu kita harus menyediakan ruang yang bebas dan terbuka. Alasan kedua, kunci terjadinya perkembangan yang optimal adalah kebebasan. Montessori mengatakan, “Real freedom is a concequence of development” yaitu kebebasan sejati adalah suatu konsekuensi dari perkembangan. Montessori mengatakan, “Jika anak di hadapkan pada lingkungan yang tepat, dan memberikan peluang kepada mereka untuk secara bebas merespon secara individual terhadap lingkungan tersebut, maka pertumbuhan alami anak terbuka dalam kehidupan mereka”.[3]
Melalui kebebasan-kebebasan dalam kelas Montessori, maka anak akan memperoleh kesempatan-kesempatan unik terhadap tindakannya sendiri. Mereka akan menyadari segala konsekuensi atas apa yang anak lakukan baik terhadap dirinya maupun orang lain, mereka belajar membuktikan atau menguji dirinya terhadap batasan-batasan realistis, mereka akan belajar tentang apa saja yang membuatnya atau orang lain merasa puas atau sebaliknya merasa kosong dan tidak puas atau kecewa. Peluang untuk mengembangkan pengetahuan diri (self-knowledge) inilah yang merupakan hasil penting dari kebebasan yang kita ciptakan dalam kelas Montessori.
2.      Aspek stuktur dan keteraturan (Structure and order)
Struktur dan keteraturan alam semesta harus tercermin dalam lingkungan kelas Montessori. Dengan demikian anak akan menginternalisasinya dan akhirnya membangun mental dan inteligensinya sendiri terhadap lingkungan. Melalui keteraturan anak akan belajar untuk percaya pada lingkungan dan belajar untuk berinteraksi dengan lingkungan dengan cara yang positif. Hanya dalam lingkungan yang dirancang dengan tepat dan benar, anak dapat mengkategorisasikan persepsinya yang pada akhirnya nanti akan membentuk pemahaman mereka yang benar terhadap realistis dunia.
Melalui keteraturan, anak tahu kemana harus mencari barang mainan yang ia inginkan, misalnya. Oleh karena itu, kita harus merancang penempatan barang mainan sesuai dengan klasifikasi berdasarkan keteraturan tertentu. Sebagai contoh, alat bermain ditempatkan dalam rak yang rendah sehingga terjangkau anak, ditata dengan rapi dan teratur sesuai dengan kategori, begitu pula halnya dengan ruangan kelass tertata sedemikian rupa dengan penuh keteraturan.[4]
3.      Aspek realistis dan alami (Realistis and nature)
Lingkungan pendidikan Montessori didasarkan atas prinsip realistis dan kealamian. Anak harus memiliki kesempatan untuk menginternalisasikan keterbatasan alam dan realistis supaya mereka terbebas dari sikap berangan-angan (fantasy) atau ilusi baik yang bersifat fisik maupun psikologis. Hanya dengan cara ini mereka mengembangkan disiplin diri dan keamanan yang dia perlukan untuk menggali dunia eksternal dan internal mereka dan untuk menjadikan mereka pengamat realistiss hidup yang aktif dan apresiatif. Alat bermain dan lingkungan dalam kelas Montessori didasarkan atas konsep realistis. Sebagai contoh, anak dihadapkan dengan telepon yang sebenarnya, gelas sebenarnya, setrika, pisau dan lain-lain. Semuanya adalah benda sebenarnya.
Menurut Montessori, “manusia adalah milik alam, begitu pula khususnya bagi anak. Mereka membutuhkan gambaran dunia yang akan mereka hadapi kelak melalui alam. Semua hal yang diperlukan untuk mengembangkan jiwa dan raga mereka adalah alam sebenarnya”. Jadi, dalam konsep pendidikan Montessori, segala sesuatunya harus dirancang sedemikian rupa agar sealami dan serealistis mungkin, baik lingkungan indoor mapun outdoor. Montessori percaya bahwa anak harus pertama kali dihadapkan dengan alam melalui perawatan terhadap tanaman dan binatang.
4.      Aspek keindahan dan nuansa (Beauty and nuance)
Lingkungan Montessori harus sederhana. Semua yang ada didalamnya harus memiliki desain dan kualitas yang baik. Tema warna harus menunjukkan kegembiraan. Nuansa ruangan harus terkesan santai dan hangat sehingga mengundang anak untuk bebas berpartisipasi aktif.
5.      Aspek alat bermain Montessori (Montessori Materials)
Yang dimaksud dengan Montessori Materials di sini adalah bukan semata-mata alat bermain. Tapi semua benda yang ada dalam lingkungan. Tujuan dari semua benda itu bukan bersifat eksternal untuk mengajar anak keterampilan. Tapi tujuan utamanya adalah bersifat internal yaitu membantu perkembangan fisik dan pembangunan diri anak. Montessori mengatakan, ”Hal penting pertama perkembangan anak adalah konsentrasi. Ia harus menemukan cara bagaimana berkonsentrasi, dan oleh karenanya mereka membutuhkan benda-benda yang dapat membuatnya berkonsentrasi, karena itulah pentingnya sekolah kita mendasarkan pada hal ini. Yaitu tempat dimana mereka dapat menemukan aktifitas yang memungkinkan mereka melakukan konsentrasi.”
Benda-benda atau alat-alat bermain harus membantu pembentukan internal anak. Oleh karenanya benda atau alat bermain tersebut harus sesuai dengan kebutuhan internal anak. Artinya, benda-benda dan alat-alat bermain tersebut harus disajikan atau diberikan pada situasi yang sesuai dengan perkembangan mereka. Montessori menyebutkan beberapa prinsip dalam penggunaan benda dan atau alat bermain dalam kelas Montessori sebagai berikut:
·        Setiap benda atau alat bermain harus memiliki tujuan dan bermakna bagi anak.
·        Setiap benda atau alat bermain harus harus menunjukkan perkembangan dari sederhana ke rumit dalam desain dan penggunaannya.
·        Setiap benda atau alat bermain dirancang untuk menyiapkan anak secara tidak langsung untuk belajar ke depan.
·        Setiap benda atau alat bermain dimulai dari expesi kongkrit dan secara bertahap mengarahkan mereka pada representasi yang lebih abstrak.
·        Setiap benda atau alat bermain dirancang agar memungkinkan terjadinya auto-edukasi. Artinya kontrol kesalahan berada pada benda tersebut bukan pada guru. Kontrol kesalahan ini akan membimbing anak dalam menggunakan benda tersebut dan memungkinkan ia menyadari kesalahannya sendiri dan memperbaikinya.

C.     Kesimpulan
Segala sesuatu di kelas Montessori mempunyai manfaat dan tujuan khusus. Semua hal yang telah disiapkan ini dapat dilihat dan disentuh oleh anak. Semua perabotan dan peralatan diciptakan dalam ukuran kecil sesuai dengan ukuran anak dan mudah dijangkau. Kelas Montessori yang baik mempunyai lingkungan yang sibuk dan produktif dimana keceriaan timbul. Di dalam lingkungan yang diciptakan secara khusus ini memberikan kebebasan, tanggung jawab, perkembangan sosial dan intelektual anak secara spontan akan berkembang.
Ada beberapa aspek penting yang harus dipahami oleh guru atau pendidik dalam metode pendidikan Montessori. Aspek-aspek tersebut adalah sebagai berikut: pertama konsep kebebasan, melalui kebebasan-kebebasan dalam kelas Montessori, maka anak akan memperoleh kesempatan-kesempatan unik terhadap tindakannya sendiri. Mereka akan menyadari segala konsekuensi atas apa yang anak lakukan baik terhadap dirinya maupun orang lain, mereka belajar membuktikan atau menguji dirinya terhadap batasan-batasan realistiss, mereka akan belajar tentang apa saja yang membuatnya atau orang lain merasa puas atau sebaliknya merasa kosong dan tidak puas atau kecewa. Peluang untuk mengembangkan pengetahuan diri (self-knowledge) inilah yang merupakan hasil penting dari kebebasan yang kita ciptakan dalam kelas Montessori. Kedua struktur dan keteraturan, hanya dalam lingkungan yang dirancang dengan tepat dan benar, yaitu terstruktur dan teratur, anak dapat mengkategorisasikan persepsinya yang pada akhirnya nanti akan membentuk pemahaman mereka yang benar terhadap realistis dunia. Ketiga realistis dan alami, dalam konsep pendidikan Montessori, segala sesuatunya harus dirancang sedemikian rupa agar sealami dan serealistis mungkin, baik lingkungan indoor mapun outdoor. Dengan cara ini mereka mengembangkan disiplin diri dan keamanan yang dia perlukan untuk menggali dunia eksternal dan internal mereka dan untuk menjadikan mereka pengamat realistis hidup yang aktif dan apresiatif. Keempat keindahan dan nuansa, unsur-unsur keindahan, keceriaan, baik secara fisik maupun non fisik dalam lingkungan kelas Montessori sangat penting untuk mengundang anak berpartisipasi aktif dengan bebas dan spontan.Dan kelima
benda atau alat bermain Montessori, harus membantu pembentukan internal anak. Oleh karenanya benda atau alat bermain tersebut harus sesuai dengan kebutuhan internal anak. Artinya, benda-benda dan atau alat-alat bermain tersebut haris disajikan atau diberikan pada momen yang sesuai dengan perkembangan mereka.

 DAFTAR PUSTAKA

Course Manual, Diploma in Montessori Method of Education (Birth to Six Years of Age).
Gettman. David, “Basic Montessori: Learning Activities for Under-Fives”, New York: St. Martin’ Press, 1987.hal 30.
McNochols. John Chattin , “The Montessori Controversy”, New York: Delmar Publiser Inc., 1998. hal 51.
__________, Geocities.com. What_Makes_Montessori_Different.(diakses 12 april 2013)

__________,Montessori.edu.my. Comparison Between the Montessori Method and Traditional Methodology. (diakses 12 April 2013)

__________, Wikipedia.com. Montessori Method. Free Encyclopedia. (diakses 12 April 2013)



[1] __________, Wikipedia.com. Montessori Method. Free Encyclopedia. (diakses 12 April 2013).
[2] __________, Geocities.com. What_Makes_Montessori_Different.(diakses 12 april 2013).

[3] David Gettman, “Basic Montessori: Learning Activities for Under-Fives”, (New York: St. Martin’ Press, 1987), hal 30.
[4] John Chattin. McNochols, “The Montessori Controversy”, (New York: Delmar Publiser Inc., 1998). hal 51.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar