Autisme
Apa itu Autisme?
Sumber: http://cae-indonesia.com/autisma/
Istilah “autistic” berasal dari bahasa Yunani “autos”
yang artinya “self”. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan seseorang
yang bersibuk diri dengan dunianya sehingga kelihatan tidak tertarik kepada
orang lain. Anak dengan autisma memang seperti memiliki “dunia” sendiri.
Gangguan yang terjadi pada fungsi otak membawa anak autistik mengalami masalah
pada: interaksi sosial timbal balik, komunikasi, dan pola tingkah laku yang
repetitif (berulang) serta minat yang sempit.
Autisma merupakan gangguan perkembangan yang kompleks.
Setiap anak autistik memiliki ciri-ciri berbeda. Sebagian anak dengan kondisi
yang berat menunjukkan ciri yang menyolok, sementara yang lainnya hanya
menunjukkan beberapa ciri yang tidak terlalu kentara. Sebagian anak membutuhkan
penanganan individual dan tetap tergantung pada orang lain sampai dewasa,
sementara yang lainnya bisa belajar di sekolah umum dan mampu mandiri. Rentang
yang luas dari keadaan anak-anak penyandang autisma dikenal dengan sebutan “Autistic
Spectrum Disorder” (ASD).
Identifikasi karakteristik pada anak autistik bisa dilakukan
dengan melihat ciri-ciri yang khas pada anak, antara lain: kesulitan dalam
interaksi dengan orang lain, hambatan dalam berbicara dan berkomunikasi,
tingkah laku yang berulang, gangguan perilaku agresif dan hiperaktivitas,
kelekatan dengan benda-benda, gangguan sensori, dan perkembangan yang tidak
seimbang pada masa tumbuh kembang.
Mengapa Intervensi Dini Sangat Penting?
Intervensi dini mencakup tindakan penanganan pada usia 0-3
tahun. Beberapa riset menunjukkan bahwa intervensi dini mempunyai
pengaruh yang luar biasa dalam mengurangi gejala-gejala spektrum autisma.
Penelitian membuktikan perkembangan otak pada anak usia dini sangat fleksibel
sehingga sangat mungkin menghasilkan kemajuan berarti yang mempengaruhi
pengembangan kemampuan kognitif, komunikasi, dan interaksi sosial anak ke depan
menjadi lebih baik.
Penyebab dan Gejala Autisme
Penyebab Autisme – Penyebab yang pasti dari autisme tidak
diketahui, yang pasti hal ini bukan disebabkan oleh pola asuh yang salah.
Penelitian terbaru menitikberatkan pada kelainan biologis dan neurologis di
otak, termasuk ketidakseimbangan biokimia, faktor genetik dan gangguan
kekebalan.
Beberapa kasus mungkin berhubungan dengan:
- Infeksi virus (rubella kongenital atau cytomegalic inclusion disease)
- Fenilketonuria (suatu kekurangan enzim yang sifatnya diturunkan)
- Sindroma X yang rapuh (kelainan kromosom).
Gejala Autisme – Untuk memeriksa apakah seorang anak
menderita autis atau tidak, digunakan standar internasional tentang autisme.
ICD-10 (International Classification of Diseases) 1993 dan DSM-IV (Diagnostic
and Statistical Manual) 1994 merumuskan kriteria diagnosis untuk Autisme Infantil
yang isinya sama, yang saat ini dipakai di seluruh dunia.
a. Gangguan kualitatif dalam interaksi sosial yang timbal balik.
a. Gangguan kualitatif dalam interaksi sosial yang timbal balik.
Minimal harus ada 2 dari gejala di bawah ini :
1. Tak mampu menjalin interaksi sosial yang cukup memadai : kontak mata sangat kurang, ekspresi muka kurang hidup, gerak gerik kurang tertuju
2. Tidak bisa bermain dengan teman sebaya
3. Tak ada empati (tak dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain)
4. Kurang mampu mengadakan hubungan sosial dan emosional yang timbal balik
1. Tak mampu menjalin interaksi sosial yang cukup memadai : kontak mata sangat kurang, ekspresi muka kurang hidup, gerak gerik kurang tertuju
2. Tidak bisa bermain dengan teman sebaya
3. Tak ada empati (tak dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain)
4. Kurang mampu mengadakan hubungan sosial dan emosional yang timbal balik
b. Gangguan kualitatif dalam bidang komunikasi.
Minimal harus ada 1 dari gejala di bawah ini :
1. Perkembangan bicara terlambat atau sama sekali tak berkembang. Anak tidak berusaha untuk berkomunikasi secara non-verbal
2. Bila anak bisa bicara, maka bicaranya tidak dipakai untuk berkomunikasi
3. Sering menggunakan bahasa yang aneh dan diulang-ulang
4. Cara bermain kurang variatif, kurang imajinatif, dan kurang dapat meniru
Minimal harus ada 1 dari gejala di bawah ini :
1. Perkembangan bicara terlambat atau sama sekali tak berkembang. Anak tidak berusaha untuk berkomunikasi secara non-verbal
2. Bila anak bisa bicara, maka bicaranya tidak dipakai untuk berkomunikasi
3. Sering menggunakan bahasa yang aneh dan diulang-ulang
4. Cara bermain kurang variatif, kurang imajinatif, dan kurang dapat meniru
c. Adanya suatu pola yang dipertahankan dan diulang-ulang
dalam perilaku, minat, dan kegiatan.
Minimal harus ada 1 dari gejala di bawah ini :
1. Mempertahankan satu minat atau lebih dengan cara yang sangat khas dan berlebihan
2. Terpaku pada suatu kegiatan yang ritualistik atau rutinitas yang tidak ada gunanya
3. Ada gerakan-gerakan aneh yang khas dan diulang-ulang
4. Seringkali sangat terpukau pada bagian-bagian benda.
Minimal harus ada 1 dari gejala di bawah ini :
1. Mempertahankan satu minat atau lebih dengan cara yang sangat khas dan berlebihan
2. Terpaku pada suatu kegiatan yang ritualistik atau rutinitas yang tidak ada gunanya
3. Ada gerakan-gerakan aneh yang khas dan diulang-ulang
4. Seringkali sangat terpukau pada bagian-bagian benda.
Pendapat lain mengatakan bahwa gejala autisme antara lain:
a. Perkembangan terhambat, terutama dalam kelakuan dasar hidup bermasyarakat (misalnya : tersenyum dan berbicara).
b. Bermain sendiri, tidak mau berkumpul dengan anggota keluarga atau orang lain.
c. Lesu dan tidak acuh terhadap orang lain yang mencoba berkomunikasi dengannya.
d. Sedikit atau tidak ada kontak mata.
e. Mengerjakan sesuatu yang rutin tanpa dipikir dan berperangai buruk jika dilarang akan membangkitkan kemarahan.
f. Pada umumnya pertumbuhan jiwa terbelakang (cacat mental).
g. Pada beberapa kasus, anak tersebut mempunyai keahlian tertentu dan sangat pandai, misalnya : menggambar, matematika, musik, melukis (Infokes, 2005).
a. Perkembangan terhambat, terutama dalam kelakuan dasar hidup bermasyarakat (misalnya : tersenyum dan berbicara).
b. Bermain sendiri, tidak mau berkumpul dengan anggota keluarga atau orang lain.
c. Lesu dan tidak acuh terhadap orang lain yang mencoba berkomunikasi dengannya.
d. Sedikit atau tidak ada kontak mata.
e. Mengerjakan sesuatu yang rutin tanpa dipikir dan berperangai buruk jika dilarang akan membangkitkan kemarahan.
f. Pada umumnya pertumbuhan jiwa terbelakang (cacat mental).
g. Pada beberapa kasus, anak tersebut mempunyai keahlian tertentu dan sangat pandai, misalnya : menggambar, matematika, musik, melukis (Infokes, 2005).
Selain gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas,
beberapa sifat lainnya yang biasa ditemukan pada anak autis antara lain :
a. Sulit bergabung dengan anak-anak yang lain
b. Tertawa atau cekikikan tidak pada tempatnya
c. Menghindari kontak mata atau hanya sedikit melakukan kontak mata
d. Menunjukkan ketidakpekaan terhadap nyeri
e. Jarang memainkan permainan khayalan
f. Lebih senang menyendiri, menarik diri dari pergaulan, tidak membentuk hubungan pribadi yang terbuka
g. Memutar benda
h. Terpaku pada benda tertentu, sangat tergantung kepada benda yang sudah dikenalnya dengan baik
i. Secara fisik terlalu aktif atau sama sekali kurang aktif
j. Tidak memberikan respon terhadap cara pengajaran yang normal
k. Tertarik pada hal-hal yang serupa, tidak mau menerima/mengalami perubahan
l. Tidak takut akan bahaya
m. Terpaku pada permainan yang ganjil
n. Ekolalia (mengulang kata-kata atau suku kata)
o. Tidak mau dipeluk
p. Tidak memberikan respon terhadap kata-kata, bersikap seolah-olah tuli
q. Mengalami kesulitan dalam mengungkapkan kebutuhannya melalui kata-kata, lebih senang meminta melalui isyarat tangan atau menunjuk
r. Jengkel/kesal membabi buta, tampak sangat rusuh untuk alasan yang tidak jelas
s. Melakukan gerakan dan ritual tertentu secara berulang (misalnya bergoyang-goyang atau mengepak-ngepakkan lengannya)
t. Anak autis mengalami keterlambatan berbicara, mungkin menggunakan bahasa dengan cara yang aneh atau tidak mampu bahkan tidak mau berbicara sama sekali. Jika seseorang berbicara dengannya, dia akan sulit memahami apa yang dikatakan kepadanya. Anak autis tidak mau menggunakan kata ganti yang normal (terutama menyebut dirinya sebagai kamu, bukan sebagai saya).
u. Pada beberapa kasus ditemukan perilaku agresif atau melukai diri sendiri.
v. Kemampuan motorik kasar/halusnya ganjil, tidak ingin menendang bola tetapi dapat menyusun balok.
a. Sulit bergabung dengan anak-anak yang lain
b. Tertawa atau cekikikan tidak pada tempatnya
c. Menghindari kontak mata atau hanya sedikit melakukan kontak mata
d. Menunjukkan ketidakpekaan terhadap nyeri
e. Jarang memainkan permainan khayalan
f. Lebih senang menyendiri, menarik diri dari pergaulan, tidak membentuk hubungan pribadi yang terbuka
g. Memutar benda
h. Terpaku pada benda tertentu, sangat tergantung kepada benda yang sudah dikenalnya dengan baik
i. Secara fisik terlalu aktif atau sama sekali kurang aktif
j. Tidak memberikan respon terhadap cara pengajaran yang normal
k. Tertarik pada hal-hal yang serupa, tidak mau menerima/mengalami perubahan
l. Tidak takut akan bahaya
m. Terpaku pada permainan yang ganjil
n. Ekolalia (mengulang kata-kata atau suku kata)
o. Tidak mau dipeluk
p. Tidak memberikan respon terhadap kata-kata, bersikap seolah-olah tuli
q. Mengalami kesulitan dalam mengungkapkan kebutuhannya melalui kata-kata, lebih senang meminta melalui isyarat tangan atau menunjuk
r. Jengkel/kesal membabi buta, tampak sangat rusuh untuk alasan yang tidak jelas
s. Melakukan gerakan dan ritual tertentu secara berulang (misalnya bergoyang-goyang atau mengepak-ngepakkan lengannya)
t. Anak autis mengalami keterlambatan berbicara, mungkin menggunakan bahasa dengan cara yang aneh atau tidak mampu bahkan tidak mau berbicara sama sekali. Jika seseorang berbicara dengannya, dia akan sulit memahami apa yang dikatakan kepadanya. Anak autis tidak mau menggunakan kata ganti yang normal (terutama menyebut dirinya sebagai kamu, bukan sebagai saya).
u. Pada beberapa kasus ditemukan perilaku agresif atau melukai diri sendiri.
v. Kemampuan motorik kasar/halusnya ganjil, tidak ingin menendang bola tetapi dapat menyusun balok.
Gejala-gejala tersebut bervariasi, bisa ringan maupun berat.
Selain itu, perilaku anak autis biasanya berlawanan dengan berbagai keadaan
yang terjadi dan tidak sesuai dengan usianya.
Perilaku anak autis
Autisme merupakan gangguan yang dialami sekitar sepuluh di
antara sepuluh ribu anak. Banyak anak-anak dengan autisme mengalami
kesulitan-kesulitan lain; beberapa di antaranya terbelakang sekali. Tetapi,
sebagian anak dengan autisme memiliki kecerdasan normal. Ada sesuatu berkaitan
dengan cara mereka memahami orang lain yang membuat mereka sangat berbeda dari
kita yang normal.
Berikut Gambaran Perilaku anak autis dari catatan hidup
seorang Temple Grandin, dia adalah seorang perempuan autis merangkap guru besar
yang sukses dan masyhur di bidang peternakan, berkata bahwa dia merasa seperti
seorang antropolog di Mars. Pengetahuannya tentang orang lain didapatnya secara
susah-payah dan menyakitkan dari pengamatan yang cermat terhadap keteraturan
tingkah laku mereka. Kebanyakan dari kita terlahir dengan kemampuan
menghubungkan pikiran kita dengan pikiran orang lain. Orang autis kelihatannya
harus memecahkan persoalan Pikiran Orang Lain dari awal.
Kehidupan orang autis membuat kita sadar akan pentingnya
bisa memahami pikiran-pikiran orang lain. Semenjak lahir, kebanyakan anak lebih
menyukai orang daripada benda. Anak autis sering terlihat memiliki preferensi
yang sebaliknya. Mereka terserap oleh pola-pola balok, atau bahkan jadwal kereta,
seraya menghindari orang lain. Dari satu sisi, hal ini seperti masuk akal. Coba
bayangkan, betapa menakutkan dan mengganggunya dunia ini seandainya Anda
benar-benar melihat orang lain sebagai gumpalan kulit yang acing dan bergerak
secara acak, dengan cara yang tak terprediksikan, jika dibandingkan dengan
melihat mereka sebagai orang dengan pikiran-pikiran.
Perbedaan ini juga tercermin secara sistematik dalam cara
anak autis berperilaku dalam banyak eksperimen yang baru saja kami kemukakan.
kebanyakan orang autis adalah juga orang yang terlambat secara mental, teknik
dasar kajian-kajian ini ialah dengan membandingkan anak autis dengan anak anak
pada usia mental yang sama, tetapi dapat berkembang secara normal maupun dengan
anak-anak yang mengalami keterlambatan mental karena alasan lain, contohnya,
anak-anak penyandang sindrom Down. Anak autis menemui kesukaran dalam menirukan
ekspresi wajah. Mereka sukar menunjukkan sesuatu ataupun mengikuti petunjuk
yang diberikan orang lain. Mereka tidak dapat memahami keyakinan yang salah,
seperti asumsi yang tidak tepat mengenai kotak permen yang menyesatkan. Mereka
akan menyadarinya lama setelah anak-anak yang berkembang normal memahaminya
terlebih dahulu, atau anak-anak dengan sindrom Down sekalipun. Tidak ada pengungkapan
pemahaman akan pikiran.
Anak-anak autis tidak nampak mempunyai dugaan fundamental
bahwa mereka menyerupai orang lain dan orang lain sama seperti mereka. Prinsip
pertama yang tak dapat dibantah ini, aksioma dalam psikologi sehari-hari kami
ini, secara paradoksal merupakan bagian dari hal yang memungkinkan mayoritas
anak-anak untuk terus menemukan seluruh perbedaan dalam diri mereka dan orang
lain.
Pada waktu autisme pertama kali dibahas, yaitu pada masa
psikoanalitis pada 1950-an, ada psikiater menyimpulkan bahwa gangguan itu
disebabkan oleh “ibu-ibu kulkas”, ibu-ibu yang dingin dan tidak responsif
kepada anak-anak mereka. Ibu-ibu yang meraih gelar sarjana tergolong paling
berpeluang menyebabkan anak-anak mereka autis. Tidak dapat dibayangkan bagaimana
perasaan ibu-ibu yang telah berurusan dengan tragedi semacam ini pada waktu
diberi tahu bahwa ini bukan hanya takdir mereka, melainkan kesalahan mereka.
(Dari pandangan kami yang lebih jernih saat ini, sebagai psikolog kognitif
feminis di pergantian milenium, mengkritik sikap kaum Freudian terhadap kaum
perempuan pada 1950-an ini terlihat tidak ada gunanya. Walau demikian,
pandangan jahat itu masih cukup berbahaya, sehingga tampaknya cukup layak bagi
kami untuk sedikit menyinggungnya).
Perilaku anak autis Saat ini, teramat jelas bahwa autisme
tidak berkaitan dengan bagaimana orangtua memperlakukan bayi mereka. Autisme
dimulai sejak dini, terdapat komponen genetis yang kuat dan pada beberapa kasus
ini mungkin juga disebabkan oleh kerusakan pada otak ketika sebelum kelahiran.
Kamu mungkin memiliki beberapa dugaan mengenai bagian mana otak yang terlibat.
Dalam kasus ini, pihak yang tidak mempunyai perasaan adalah Alam.
KARAKTERISTIK PERILAKU AUTISME
A. Kriteria Autisme :
1. Gangguan kualitatif dalam interaksi sosial yang timbal balik. Minimal harus ada 2 gejala dari gejala di bawah:
a. tak mampu menjalin interaksi sosial yang cukup memadai: kontak mata sangat kurang, ekspresi muka kurang hidup, gerak-gerik yang kurang terarah,
b. tak bisa bermain dengan teman sebaya,
c. tak dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain,
d. kurangnya hubungan emosional dan sosial yang timbal balik.
1. Gangguan kualitatif dalam interaksi sosial yang timbal balik. Minimal harus ada 2 gejala dari gejala di bawah:
a. tak mampu menjalin interaksi sosial yang cukup memadai: kontak mata sangat kurang, ekspresi muka kurang hidup, gerak-gerik yang kurang terarah,
b. tak bisa bermain dengan teman sebaya,
c. tak dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain,
d. kurangnya hubungan emosional dan sosial yang timbal balik.
2. Gangguan kualitatif dalam bidang komunikasi seperti
ditunjukkan oleh minimal satu dari gejala-gejala berikut:
a. bicara terlambat atau bahkan sama sekali tak berkembang (tak ada usaha untuk mengimbangi komunikasi dengan cara lain tanpa bicara),
b. Bila bisa bicara, bicaranya tidak dipakai untuk komunikasi,
c. Sering menggunakan bahasa yang aneh dan diulang-ulang,
d. Cara bermain kurang variatif, kurang imajinatif, dan kurang bisa meniru.
a. bicara terlambat atau bahkan sama sekali tak berkembang (tak ada usaha untuk mengimbangi komunikasi dengan cara lain tanpa bicara),
b. Bila bisa bicara, bicaranya tidak dipakai untuk komunikasi,
c. Sering menggunakan bahasa yang aneh dan diulang-ulang,
d. Cara bermain kurang variatif, kurang imajinatif, dan kurang bisa meniru.
3. Suatu pola yang dipertahankan dan diulang-ulang dalam
perilaku, minat, dan kegiatan. Sedikitnya harus ada satu dari gejala berikut
ini:
a. Mempertahankan satu minat atau lebih, dengan cara yang khas dan berlebih-lebihan.
b. Terpaku pada suatu kegiatan yang ritualistik atau rutinitas yang tidak ada gunanya.
c. Ada gerakan-garakan yang aneh, khas, dan diulang-ulang.
d. Seringkali terpukau pada bagian-bagian benda tertentu.
a. Mempertahankan satu minat atau lebih, dengan cara yang khas dan berlebih-lebihan.
b. Terpaku pada suatu kegiatan yang ritualistik atau rutinitas yang tidak ada gunanya.
c. Ada gerakan-garakan yang aneh, khas, dan diulang-ulang.
d. Seringkali terpukau pada bagian-bagian benda tertentu.
B. Sebelum umur 3 tahun tampak adanya keterlambatan atau
gangguan dalam bidang:
1. interaksi sosial
2. bicara dan berbahasa
3. cara bermain yang kurang variatif.
1. interaksi sosial
2. bicara dan berbahasa
3. cara bermain yang kurang variatif.
C. Bukan disebabkan oleh Sindroma Rett atau Gangguan
Disintegratif Masa Kanak. Karakteristik Perilaku Bermain pada Penyandang
Autisme :
1. perilaku yang khas
2. menjaga jarak dengan orang lain
3. lebih sering sendiri atau paralel
4. bermain lebih sedikit dibanding non autistik
5. lebih sedikit menggunakan alat bermain dan kemampuan bermain sangat terbatas
6. kesulitan dalam bermain pura-pura dan menirukan sesuatu yang dilakukan orang lain.
1. perilaku yang khas
2. menjaga jarak dengan orang lain
3. lebih sering sendiri atau paralel
4. bermain lebih sedikit dibanding non autistik
5. lebih sedikit menggunakan alat bermain dan kemampuan bermain sangat terbatas
6. kesulitan dalam bermain pura-pura dan menirukan sesuatu yang dilakukan orang lain.
Penanganan Bagi Anak Autis
Tujuan dari penanganan pada penyandang autisme adalah:
a. Membangun komunikasi dua arah yang aktif,
b. Mampu melakukan sosialisasi ke dalam lingkungan yang umum dan bukan hanya dalam lingkungan keluarga,
c. Menghilangkan dan meminimalkan perilaku tidak wajar,
d. Mengajarkan materi akademik, serta
e. Meningkatkan kemampuan Bantu diri atau bina diri dan keterampilan lain.
a. Membangun komunikasi dua arah yang aktif,
b. Mampu melakukan sosialisasi ke dalam lingkungan yang umum dan bukan hanya dalam lingkungan keluarga,
c. Menghilangkan dan meminimalkan perilaku tidak wajar,
d. Mengajarkan materi akademik, serta
e. Meningkatkan kemampuan Bantu diri atau bina diri dan keterampilan lain.
Hal terpenting yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah menemukan program intervensi dini yang baik bagi anak autis. Tujuan pertama adalah menembus tembok penghalang interaksi sosial anak dan menitikberatkan komunikasi dengan orang lain melalui cara menunjuk jari, menggunakan gambar dan kadang bahasa isyarat serta kata-kata. Program intervensi dini menawarkan pelayanan pendidikan dan penanganan untuk anak-anak berusia dibawah 3 tahun yang telah didiagnosis mengalami ketidakmampuan fisik atau kognitif.
Beberapa Jenis terapi yang bisa dilakukan pada anak autisme
adalah sebagai berikut:
a. Terapi perilaku
1) Terapi okupasi – Terapi okupasi dilakukan untuk membantu menguatkan, memperbaiki koordinasi dan keterampilan otot pada anak autis.
2) Terapi wicara – Terapi wicara (speech therapy) merupakan suatu keharusan, karena anak autis mempunyai keterlambatan bicara dan kesulitan berbahasa.
3) Sosialisasi dengan menghilangkan perilaku yang tidak wajar
a. Terapi perilaku
1) Terapi okupasi – Terapi okupasi dilakukan untuk membantu menguatkan, memperbaiki koordinasi dan keterampilan otot pada anak autis.
2) Terapi wicara – Terapi wicara (speech therapy) merupakan suatu keharusan, karena anak autis mempunyai keterlambatan bicara dan kesulitan berbahasa.
3) Sosialisasi dengan menghilangkan perilaku yang tidak wajar
b. Terapi biomedik
Pada masa remaja, beberapa perilaku agresif bisa semakin sulit dihadapi dan sering menimbulkan depresi. Kadang obat-obatan bisa membantu meskipun tidak dapat menghilangkan penyebabnya. Haloperidol terutama digunakan untuk mengendalikan perilaku yang sangat agresif dan membahayakan diri sendiri. Fenfluramin, buspiron, risperidon dan penghambat reuptake serotonin selektif (fluoksetin, paroksetin dan sertralin) digunakan untuk mengatasi berbagai gejala dan perilaku pada anak autis.
Pada masa remaja, beberapa perilaku agresif bisa semakin sulit dihadapi dan sering menimbulkan depresi. Kadang obat-obatan bisa membantu meskipun tidak dapat menghilangkan penyebabnya. Haloperidol terutama digunakan untuk mengendalikan perilaku yang sangat agresif dan membahayakan diri sendiri. Fenfluramin, buspiron, risperidon dan penghambat reuptake serotonin selektif (fluoksetin, paroksetin dan sertralin) digunakan untuk mengatasi berbagai gejala dan perilaku pada anak autis.
c. Sosialisasi ke sekolah reguler – Anak autis yang telah
mampu bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik dapat dicoba untuk memasuki
sekolah formal sesuai dengan umurnya dengan tidak meninggalkan terapi
perilakunya.
d. Sekolah (Pendidikan) Khusus – Pada sekolah (pendidikan)
khusus ini dikemas khusus untuk penyandang autis yang meliputi terapi perilaku,
wicara dan okupasi, bila perlu dapat ditambahkan dengan terapi obat-obatan,
vitamin dan nutrisi yang memadai.
Program pendidikan untuk anak autis sangat terstruktur,
menitikberatkan kepada kemampuan berkomunikasi dan sosialisasi serta teknik
pengelolaan perilaku positif. Strategi yang digunakan di dalam kelas sebaiknya
juga diterapkan di rumah sehingga anak memiliki lingkungan fisik dan sosial
yang tidak terlalu berbeda. Dukungan pendidikan seperti terapi wicara,
terapi okupasional dan terapi fisik merupakan bagian dari pendidikan di sekolah
anak autis. Keterampilan lainnya, seperti memasak, berbelanja atau menyebrang
jalan, akan dimasukkan ke dalam rencana pendidikan individual untuk
meningkatkan kemandirian anak. Tujuan keseluruhan untuk anak adalah membangun
kemampuan sosial dan berkomunikasi sampai ke tingkat tertinggi atau membangun
potensinya yang tertinggi.
Permasalahan yang terjadi dalam menghadapi anak autis
Problematika yang timbul dalam menghadapi anak autis dapat
ditinjau dari berbagai faktor, yaitu :
a. Faktor Penyandang (Autisme)
1. Autisme disebabkan oleh adanya gangguan neurobiologis dan kimiawi di dalam susunan saraf pusat yang terjadi pada anak berusia dibawah 3 tahun. Karena itu terapinya menjadi sangat sulit.
2. Ada / tidak adanya penyakit fisik atau psikis lain yang menyertainya
3. Gangguan interaksi sosial
4. Gangguan komunikasi
5. Tingkah laku, minat dan aktifitasnya terbatas, berulang dan stereotipik.
1. Autisme disebabkan oleh adanya gangguan neurobiologis dan kimiawi di dalam susunan saraf pusat yang terjadi pada anak berusia dibawah 3 tahun. Karena itu terapinya menjadi sangat sulit.
2. Ada / tidak adanya penyakit fisik atau psikis lain yang menyertainya
3. Gangguan interaksi sosial
4. Gangguan komunikasi
5. Tingkah laku, minat dan aktifitasnya terbatas, berulang dan stereotipik.
b. Faktor orang tua dan keluarga
1. Pada umumnya, pengetahuan orang tua dan keluarga dari anak autis tentang autisme masih sangat rendah sehingga penanggulannya sering terlambat
2. Orang tua dan keluarga menjadi gelisah, cemas, depresi bahkan putus asa setelah penanganan yang diberikan sekian lama tidak menunjukkan hasil yang nyata
3. Orang tua dan keluarga menjadi hilang kesabarannya dan tidak peduli lagi pada anaknya, karena penanganan yang diberikan sekian lama tidak menunjukkan hasil yang nyata
4. Orang tua dan keluarga menjadi over protected akibat munculnya perasaan bersalah / berdosa telah melahirkan anak autis.
1. Pada umumnya, pengetahuan orang tua dan keluarga dari anak autis tentang autisme masih sangat rendah sehingga penanggulannya sering terlambat
2. Orang tua dan keluarga menjadi gelisah, cemas, depresi bahkan putus asa setelah penanganan yang diberikan sekian lama tidak menunjukkan hasil yang nyata
3. Orang tua dan keluarga menjadi hilang kesabarannya dan tidak peduli lagi pada anaknya, karena penanganan yang diberikan sekian lama tidak menunjukkan hasil yang nyata
4. Orang tua dan keluarga menjadi over protected akibat munculnya perasaan bersalah / berdosa telah melahirkan anak autis.
c. Faktor lingkungan masyarakat – Pengetahuan masyarakat
yang sangat minim tentang autisme mengakibatkan mereka tidak peduli dan
menganggap rendah anak autis, atau bahkan menganggap anak autis adalah anak
yang tidak berguna.
d. Faktor diagnostik dan terapi – Idealnya terapi deberikan
sedini mungkin dan melibatkan beragam profesi keahlian. Tetapi, tidaklah mudah
membuat diagnosis dini anak autis, terutama bila dokternya belum banyak
pengalaman. Karena itu terapinya sering terlambat.
e. Faktor lingkungan pendidikan – Belum ada lingkungan
pendidikan / sekolah yang memadai untuk mengelola anak autis secara
komprehensif.
Pada anak autis, pendidikan dan pelatihan yang dilandasi
rasa kasih sayang dan keterlibatan orang tua / keluarganya mutlak diperlukan
agar mereka mampu mengembangkan kemampuannya secara optimal. Untuk
mengembangkan kemampuan anak autis, perlu pendekatan yang bersifat
intersektoral dan interdisiplin. Karena itu, perlu dibuat suatu program yang
terpadu dan berkesinambungan dengan langkah-langkah yang terstruktur, jelas dan
mudah dimengerti oleh tim atau orang-orang yang terlibat dalam upaya membangun
dan mengembangkan kemampuan anak autis tersebut.
Strategi dalam menyusun dan melaksanakan langkah-langkah
dimaksud adalah :
a. Tegakkan diagnostik
b. Informasi kepada orang tua / keluarganya
c. Terapi medik
d. Pendidikan dan pelatihan untuk anak autis
e. Bimbingan untuk orang tua dan keluarganya
f. Membangun kerjasama orang tua dan keluarga dengan anak
g. Membentuk ikatan keluarga orang tua anak autis
h. Evaluasi perkembangan kemampuan anak
i. Rencana lebih lanjut.
a. Tegakkan diagnostik
b. Informasi kepada orang tua / keluarganya
c. Terapi medik
d. Pendidikan dan pelatihan untuk anak autis
e. Bimbingan untuk orang tua dan keluarganya
f. Membangun kerjasama orang tua dan keluarga dengan anak
g. Membentuk ikatan keluarga orang tua anak autis
h. Evaluasi perkembangan kemampuan anak
i. Rencana lebih lanjut.
Prinsip-prinsip Penerapan Terapi Bermain bagi Anak Autis
Terdapat beberapa hal prinsip yang harus dipahami terapis
sebelum menerapkan terapi bermain bagi anak-anak autistik, yaitu:
1. Terapis harus belajar “bahasa” yang diekspresikan kliennya agar dapat lebih membantu. Karena itu metode yang disarankan adalah terapi yang berpusat pada klien.
2. Harus disadari bahwa terapi pada populasi ini prosesnya lama dan sangat sulit sehingga membutuhkan kesabaran yang sangat tinggi. Apa yang kita latihkan bagi anak normal dalam waktu beberapa jam mungkin akan memakan waktu bertahun-tahun pada anak autistik. Kondisi ini kadang membuat terapis bosan dan putus asa.
1. Terapis harus belajar “bahasa” yang diekspresikan kliennya agar dapat lebih membantu. Karena itu metode yang disarankan adalah terapi yang berpusat pada klien.
2. Harus disadari bahwa terapi pada populasi ini prosesnya lama dan sangat sulit sehingga membutuhkan kesabaran yang sangat tinggi. Apa yang kita latihkan bagi anak normal dalam waktu beberapa jam mungkin akan memakan waktu bertahun-tahun pada anak autistik. Kondisi ini kadang membuat terapis bosan dan putus asa.
3. Terapis harus menghindari memandang isolasi diri anak sebagai penolakan diri dan tidak memaksa anak untuk menjalin hubungan sampai anak betul-betul siap.
4. Terapis juga harus betul-betul sadar bahwa meskipun anak autistik dapat mengalami kemajuan dalam terapi yang diberikan, ketrampilan sosial dan bermain mereka mungkin tidak akan bisa betul-betul normal. Jika tujuan umum terapi adalah untuk membantu anak dapat memaksimalkan potensi mereka dan memberi mereka kesempatan untuk berfungsi lebih baik dalam hidup mereka, maka keberhasilan sekecil apapun harus dianggap sebagai kemenangan dan harus disyukuri sepenuh hati.
Berdasarkan luasnya batasan terapi bermain maka penerapannya
bagi penyandang autisme memerlukan batasan-batasan yang lebih spesifik,
disesuaikan dengan karakteristik penyandang autisme sendiri. Pada anak
penyandang autisme, terapi bermain dapat dilakukan untuk membantu mengembangkan
ketrampilan sosial, menumbuhkan kesadaran akan keberadaan orang lain dan
lingkungan sosialnya, mengembangkan ketrampilan bicara, mengurangi perilaku
stereotip, dan mengendalikan agresivitas.
Berbeda dengan anak-anak non autistik yang secara mudah
dapat mempelajari dunia sekitarnya dan meniru apa yang dilihatnya, maka
anak-anak autistik memiliki hambatan dalam meniru dan ketrampilan bermainnya
kurang variatif. Hal ini menjadikan penerapan terapi bermain bagi anak autisme
perlu sedikit berbeda dengan pada kasus yang lain, misalnya:
1. Tujuan dan target setiap sesi terapi bermain harus spesifik berdasarkan kondisi dan ketrampilan anak, dilakukan dengan bertahap dan terstruktur . Misalnya pada penyandang autisme yang belum terbentuk kontak mata, maka mungkin tujuan terapi bermain dapat diarahkan untuk membentuk kontak mata. Permainan yang dapat dipilih misalnya ci luk ba, lempar tangkap dengan bantuan, ‘lihat ini’, dan lain-lain.
1. Tujuan dan target setiap sesi terapi bermain harus spesifik berdasarkan kondisi dan ketrampilan anak, dilakukan dengan bertahap dan terstruktur . Misalnya pada penyandang autisme yang belum terbentuk kontak mata, maka mungkin tujuan terapi bermain dapat diarahkan untuk membentuk kontak mata. Permainan yang dapat dipilih misalnya ci luk ba, lempar tangkap dengan bantuan, ‘lihat ini’, dan lain-lain.
2. Jika secara umum terapi bermain memberikan kebebasan
kepada anak untuk berekspresi dan eksplorasi, maka pada anak autisme hal ini
akan memerlukan usaha yang lebih keras dari terapis terutama jika anak belum
memiliki kesadaran akan dirinya dan dunia sekitarnya sehingga inisiatif belum
muncul. Pada kasus seperti ini maka terapis perlu lebih aktif menarik anak
untuk masuk dalam forum bermain dengan secara aktif menunjukkan contoh dan
menarik anak terlibat. Misalnya dengan menunjuk masing-masing alat bermain yang
ada sambil menyebutkan namanya, memberi contoh bagaimana alat bermain itu
digunakan, terapis bermain pura-pura dengan tetap berusaha menarik anak
terlibat.
3. Jika kesadaran diri dan dunia sekitarnya sudah muncul ,
maka anak dapat diberikan target yang lebih tinggi misalnya melatih ketrampilan
verbal (berbicara) dan ketrampilan sosial. Pada tahap ini maka pelibatan anak
dalam forum yang lebih besar, dengan melibatkan anak-anak sebaya lain mungkin
lebih membantu. Misalnya anak diajak bernyanyi bersama, dibacakan cerita
bersama anak-anak lain, diajak berbicara, dan permainan lainnya.
4. Terapi bermain bagi penyandang autisme dapat ditujukan
untuk meminimalkan/menghilangkan perilaku agresif, perilaku menyakiti diri
sendiri, dan menghilangkan perilaku stereotip yang tidak bermanfaat. Hal ini
dapat dilakukan dengan melatihkan gerakan-gerakan tertentu kepada anak,
misalnya tepuk tangan, merentangkan tangan, menyusun balok, bermain palu dan
pasak, dan alat bermain yang lain. Dengan mengenalkan gerakan yang lain dan
berbagai alat bermain yang dapat digunakan maka diharapkan dapat digunakan
untuk mengalihkan agresivitas yang muncul, juga jika anak sering menyakiti diri
sendiri. Mengenalkan anak pada permainan konstruktif seperti menyusun balok
juga akan memberi kegiatan lain sehingga diharapkan perilaku stereotip yang
tidak bermanfaat dapat diminimalkan.
Demikian beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam
terapi bermain bagi penyandang autisme. Namun, disamping beberapa hal tersebut
terdapat beberapa hal prinsip yang juga harus diperhatikan, yaitu:
1. Terapi bagi anak penyandang autisme tidak dapat dilakukan hanya dengan terapi tunggal. Mengingat bahwa spektrum hambatan yang dialami anak autism sangat luas dan kompleks, maka terapi bermain sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan terapi yang lain, misalnya terapi wicara, terapi medis, dan lain-lain. Rencana program terapi yang dijalankan pun harus disusun dengan terpadu dan terstruktur dengan baik, begitu juga proses evaluasinya.
1. Terapi bagi anak penyandang autisme tidak dapat dilakukan hanya dengan terapi tunggal. Mengingat bahwa spektrum hambatan yang dialami anak autism sangat luas dan kompleks, maka terapi bermain sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan terapi yang lain, misalnya terapi wicara, terapi medis, dan lain-lain. Rencana program terapi yang dijalankan pun harus disusun dengan terpadu dan terstruktur dengan baik, begitu juga proses evaluasinya.
2. Terapi bermain ini harus dilakukan oleh tenaga terapis
yang sudah terlatih dan betul-betul mencintai dunia anak dan pekerjaannya. Hal
ini terlebih pada penyandang autisme karena menangani anak autisme memerlukan
kesabaran dan keteguhan hati yang tinggi. Jika pada anak non autistik target
perubahan perilaku yang dibuat mungkin dapat dicapai dengan cepat dan lebih
mudah, maka bagi penyandang autisme belajar perilaku baru memerlukan usaha dan
perjuangan yang sangat keras dan belum tentu berhasil memuaskan.
3. Keberhasilan program terapi bermain sangat ditentukan
oleh bagus tidaknya kerja sama terapis dengan orang tua dan orang-orang lain
yang terlibat dalam pengasuhan anak sehari-hari. Hal ini berkaitan dengan
proses transfer ketrampilan yang sudah diperoleh selama terapi yang harus terus
dipelihara dan ditingkatkan dalam kehidupan di luar program terapi.
Demikianlah beberapa hal yang penting diketahui tentang
penerapan terapi bermain bagi anak penyandang autisme dan harus dicatat bahwa
terapi bermain adalah salah satu alternatif saja diantara sekian banyak program
terapi yang sudah dikembangkan bagi anak autisme.
Terapi Anak Autis di Rumah
Ada beberapa persyaratan yang diperlukan untuk menjalankan
terapi anak autis di rumah, yaitu :
a. Pengetahuan orang tua akan metode terapi
b. Pengelolaan proses terapi yang menyangkut pengawasan dan pembinaan terapis
c. Ruangan yang bebas distraksi, cukup sejuk dan cukup penerangan
d. Dibutuhkan meja dan kursi anak
e. Alat peraga dan peralatan latihan motorik dan sensoris yang sesuai dengan materi yang akan diberikan
f. Evaluasi proses terapi secara periodic
g. Dana yang cukup untuk membayar 2 – 3 orang terapis
h. Terapis yang handal dalam melakukan terapi perilaku.
a. Pengetahuan orang tua akan metode terapi
b. Pengelolaan proses terapi yang menyangkut pengawasan dan pembinaan terapis
c. Ruangan yang bebas distraksi, cukup sejuk dan cukup penerangan
d. Dibutuhkan meja dan kursi anak
e. Alat peraga dan peralatan latihan motorik dan sensoris yang sesuai dengan materi yang akan diberikan
f. Evaluasi proses terapi secara periodic
g. Dana yang cukup untuk membayar 2 – 3 orang terapis
h. Terapis yang handal dalam melakukan terapi perilaku.
Apabila semua syarat di atas dapat disediakan, maka terapi di rumah dapat menjadi pilihan utama. Tetapi apabila tidak mungkin menyediakan persyaratan minimal ini, maka terapi sebaiknya dilakukan di institusi, terapi di rumah dijadikan sebagai kelanjutan terapi di sekolah.
Mengajarkan Kemampuan Merawat / Bantu Diri Anak Autisme,
pengertiannya adalah Kemampuan merawat diri adalah kecakapan atau keterampilan
untuk mengurus atau menolong diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari sehingga
tidak tergantung pada orang lain. Dimana Tujuan Latihan Merawat Diri ini adalah
sbb :
Bagi anak autis, tujuan latihan merawat diri adalah :
a. Agar dapat melakukan sendiri keperluannya sehari-hari
b. Menumbuhkan rasa percaya diri dan meminimalkan bantuan yang diberikan
c. Memiliki kebiasaan tertib dan teratur
d. Dapat menjaga kebersihan dan kesehatan badannya
e. Dapat beradaptasi dengan lingkungannya pada kondisi atau situasi di mana ia berada
f. Dapat menjaga diri dan menghindar dari hal-hal yang membahayakan.
a. Agar dapat melakukan sendiri keperluannya sehari-hari
b. Menumbuhkan rasa percaya diri dan meminimalkan bantuan yang diberikan
c. Memiliki kebiasaan tertib dan teratur
d. Dapat menjaga kebersihan dan kesehatan badannya
e. Dapat beradaptasi dengan lingkungannya pada kondisi atau situasi di mana ia berada
f. Dapat menjaga diri dan menghindar dari hal-hal yang membahayakan.
Prinsip-prinsip Latihan Merawat Diri – Ada beberapa hal yang
perlu diperhatikan oleh orang tua sebelum mempraktekkan merawat diri pada anak
:
a. Mengenal dan menerima keberadaan anak sehingga dapat merancang program yang efektif
b. Memperhatikan kesiapan anak dalam menerima latihan-latihan
c. Belajar dalam keadaan rileks dengan instruksi yang tegas tanpa ragu-ragu tetapi tidak menimbulkan ketegangan bagi anak
d. Guru atau pelatih menggunakan kata-kata instruksi yang tetap dan sama begitu pula yang dilakukan orang tua dan anggota keluarga yang lain
e. Setiap melakukan kegiatan iringilah dengan percakapan dan gunakan kata-kata yang sederhana
f. Latihan diberikan dengan singkat dan sederhana, tahap demi tahap dan satu
g. Tahapan dimulai dari hal termudah
h. Tetapkanlah disiplin, jangan menyimpang dari ketetapan utama, waktu maupun tempat, karena akan membingungkan
i. Teruslah memberi motivasi bila anak belum berhasil dan berikan pujian bila usaha yang dilakukan anak berhasil dengan baik
j. Kesalahan dan kecelakaan adalah hal biasa, mungkin saja anak jatuh karena memasukkan kedua kakinya bersama-sama dalam lobang celana
k. Fleksibilitas.
a. Mengenal dan menerima keberadaan anak sehingga dapat merancang program yang efektif
b. Memperhatikan kesiapan anak dalam menerima latihan-latihan
c. Belajar dalam keadaan rileks dengan instruksi yang tegas tanpa ragu-ragu tetapi tidak menimbulkan ketegangan bagi anak
d. Guru atau pelatih menggunakan kata-kata instruksi yang tetap dan sama begitu pula yang dilakukan orang tua dan anggota keluarga yang lain
e. Setiap melakukan kegiatan iringilah dengan percakapan dan gunakan kata-kata yang sederhana
f. Latihan diberikan dengan singkat dan sederhana, tahap demi tahap dan satu
g. Tahapan dimulai dari hal termudah
h. Tetapkanlah disiplin, jangan menyimpang dari ketetapan utama, waktu maupun tempat, karena akan membingungkan
i. Teruslah memberi motivasi bila anak belum berhasil dan berikan pujian bila usaha yang dilakukan anak berhasil dengan baik
j. Kesalahan dan kecelakaan adalah hal biasa, mungkin saja anak jatuh karena memasukkan kedua kakinya bersama-sama dalam lobang celana
k. Fleksibilitas.
Ruang Lingkup Materi Kemampuan Merawat Diri – Materi
pelajaran menunjukkan apa yang harus diajarkan serta sejauh mana keluasan dan
kedalamannya. Materinya adalah :
a. Kebersihan badan antara lain melatih
1. Cuci tangan
2. Cuci muka
3. Sikat gigi
4. Mandi
5. Keramas
6. Menggunakan kamar kecil/WC
1. Cuci tangan
2. Cuci muka
3. Sikat gigi
4. Mandi
5. Keramas
6. Menggunakan kamar kecil/WC
b. Makan dan minum meliputi :
1. Makan menggunakan tangan
2. Makan menggunakan sendok
3. Minum menggunakan cangkir
4. Minum menggunakan gelas
5. Minum menggunakan sedotan
1. Makan menggunakan tangan
2. Makan menggunakan sendok
3. Minum menggunakan cangkir
4. Minum menggunakan gelas
5. Minum menggunakan sedotan
c. Berpakaian, antara lain :
1. Memakai pakaian dalam
2. Memakai baju kaos
3. Celana/rok
4. Kemeja
5. Kaos kaki dan sepatu
1. Memakai pakaian dalam
2. Memakai baju kaos
3. Celana/rok
4. Kemeja
5. Kaos kaki dan sepatu
d. Berhias, meliputi :
1. Menyisir rambut
2. Memakai bedak
3. Memakai aksesoris
1. Menyisir rambut
2. Memakai bedak
3. Memakai aksesoris
e. Keselamatan diri, meliputi :
1. Bahaya benda tajam atau runcing
2. Bahaya benda api dan listrik
3. Bahaya lalu lintas
4. Bahaya binatang
1. Bahaya benda tajam atau runcing
2. Bahaya benda api dan listrik
3. Bahaya lalu lintas
4. Bahaya binatang
f. Adaptasi lingkungan, antara lain :
1. Mengenal keluarga dekat
2. Mengenal guru/pelatih
3. Mengenal dan bermain bersama teman.
1. Mengenal keluarga dekat
2. Mengenal guru/pelatih
3. Mengenal dan bermain bersama teman.
a) Tahapan Pembelajaran Latihan Merawat Diri
1. Tahap persepsi
2. Tahap kesiagaan
3. Tahap sambutan
4. Tahap tindakan mekanis
5. Tahap sambutan yang kompleks
6. Tahap bervariasi
7. Tahap keaslian
1. Tahap persepsi
2. Tahap kesiagaan
3. Tahap sambutan
4. Tahap tindakan mekanis
5. Tahap sambutan yang kompleks
6. Tahap bervariasi
7. Tahap keaslian
MITOS ATAU FAKTA
Sejauh mana pengetahuan Anda seputar MITOS atau FAKTA
terkait dengan kondisi Austism Spectrum Disorder (ASD)?
1. Individu penyandang Autisma semua pada
dasarnya sama. MITOS atau FAKTA?
2. Individu penyandang Autisma tidak
memiliki perasaan dan tidak dapat beremosi. MITOS atau FAKTA?
3. Individu penyandang Autisma tidak dapat
menjalin hubungan sosial atau berinteraksi sosial. MITOS atau FAKTA?
4. Individu penyandang Autisma dapat
membahayakan komunitas di mana ia tinggal. MITOS atau FAKTA?
5. Individu penyandang Autisma pasti
memiliki suatu kondisi “savant” (kehebatan yang luar biasa pada satu bidang
khusus). MITOS atau FAKTA?
6. Individu penyandang Autisma memiliki kemampuan berimajinasi dan berfantasi yang luar biasa terbukti dengan karya-karya seni rupa / seni lukisnya. MITOS atau FAKTA?
6. Individu penyandang Autisma memiliki kemampuan berimajinasi dan berfantasi yang luar biasa terbukti dengan karya-karya seni rupa / seni lukisnya. MITOS atau FAKTA?
7. Individu penyandang Autisma tidak
memiliki kemampuan berbahasa dan berkomunikasi. MITOS atau FAKTA?
8. Kondisi Autisma dapat berubah dan dapat
sembuh sendiri ketika anak sudah beranjak dewasa. MITOS atau FAKTA?
9. Individu penyandang Autisma sangat
manipulatif dan malas untuk belajar mengontrol perilakunya. MITOS atau FAKTA?
10. Individu penyandang Autisma tidak dapat memahami
isyarat/tanda dari orang dewasa atau lingkungan sekitarnya. MITOS atau
FAKTA?
11. Ketika individual penyandang Autisma tidak merespon
terhadap suatu pertanyaan dan/atau suatu instruksi yang pernah dipahami
sebelumnya, maka ia sedang melakukan pembangkangan atau sedang keras kepala dan
belagak “bego” seolah tidak memahami instruksi yang dimaksud. MITOS atau
FAKTA?
12. Penyandang Autisma secara umum mayoritasnya memiliki
kepandaian yang luar biasa dan memiliki IQ di atas rata-rata. MITOS atau FAKTA?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar