Sabtu, 19 April 2014

Alhamdulillah....Tesis sudah terlewati...



ABSTRAK
PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN MY COSTUME UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN VISUAL-SPASIAL PADA ANAK USIA DINI AUTIS

          DHIARTI, Tesis pengembangan Alat Permainan My Costume untuk Menstimulasi Kecerdasan Visual-Spasial pada Anak Usia Dini Autis. Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan produk permainan My Costume, menguji cobakan dan menganalisis kelayakan  produk untuk menstimulasi kecerdasan visual-spasial pada anak usia dini autis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan penelitian pendidikan terutama bidang pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D). Pengumpulan data  dilakukan dengan validasi yaitu validasi ahli media, ahli materi, dan pengguna. Pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian terhadap produk dalam bentuk kuantitatif serta data tambahan dengan metode wawancara. Setelah data didapatkan, selanjutnya dianalisa dengan konversi data kuantitatif ke data kualitatif, yang prosesnya bermuara pengambilan kesimpulan.
Pengembangan produk permainan My Costume didasari dari konsep pembuatan baju, dengan pengertian permainan My Costume memuat materi-materi visual-spasial dengan konsep pembuatan baju yaitu pola, warna, dan menjahit serta reward yang berhubungan dengan visual-spasial. Permainan My Costume memberikan stimulasi visual-spasial melalui bentuk permainannya yang membutuhkan kemampuan imajinasi dan kreativitas anak usia dini autis. Meningkatkan pemahaman pre-akademik anak usia dini autis dalam hal mencocokkan, menyelesaikan aktivitas sederhana secara mandiri, identifikasi warna, dan identifikasi bentuk. Pengembangan dilakukan dengan proses planning, design, dan development. Model pengembangan produk My Costume untuk menstimulasi kecerdasan visual-spasial terdiri dari tiga level dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.
Hasil pengembangan My Costume melalui uji coba alpha test, revisi, beta test, dan evaluasi serta pre-test dan post-test perkembangan kemampuan visual-spasial menunjukkan bahwa produk My Costume secara umum layak digunakan sebagai media untuk menstimulasi kecerdasan visual-spasial anak usia dini autis. Hal ini didasari dari skor penilaian alpha test ahli materi 4,6 (sangat baik), alpha test ahli media 4,2 (baik) sedangkan beta test mencapai 4,27 (sangat baik) dan hasil evaluasi akhir 4,06 (baik). Hasil assesment kemampuan visual-spasial pre-test 2,18 (kurang) dan post-test 3,45 (baik). Jadi dapat disimpulkan bahwa produk APE My Costume layak menjadi media pembelajaran visual-spasial anak usia dini autis.

Kata kunci: Alat Permainan My Costume, Kecerdasan Visual-Spasial, Anak Usia Dini Autis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar