Proses Pembelajaran di TK/PAUD
Penyusunan perencanaan pembelajaran merupakan refleksi penguasaan konsep seorang pendidik.
Prinsip-prinsip dalam menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajarab menurut Peremndiknas no.58 tahun 2009 di antaranya sebagai berikut:
- Memperhatikan tingkat perkembangan, kebutuhan, minat, dan karakteristik anak.
- Mengintegrasikan kesehatan, gizi, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan.
- Pembelajaran dilaksanakan melalui bermain.
- Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bertahap, berkesibambungan, dan bersifat pembiasaan.
- Proses pembelajaran bersifat aktif, kreatif, interaksif, efektif, dan menyenangkan.
- Proses pembelajaran berpusat pada anak.
Di dalam melaksanakan proses pembelajarab anak usia dini, ada sejunlah prinsip-prinsip yang harus diperhatikan. Adapun prinsip-prinsip teraebut yaitu:
- Berpusat pada anak
- Belajar dengan melakukan
- Mengembangkan kemampuan sosial
- Mengembangkan keingintahuan, imajinasi, dan fitrah
- Mengembangkan keterampilan pemecahan masalah
- Mengembangkan kreativitas anak
- Mengembangkan kemampuan menggunakan ilmu dan teknologi
- Membutuhkan kesadaran sebagai warga negara yang baik
Pada setiap model pembelajaran memberikan gambaran tentang filosofi, prinsip-prinsip, dan langkah pembelajaran yang disarankan.
Beberapa alternatif acuan proses pembelajaran, yaitu prose pembelajaran AVM (Auditori Visual Memori), proses pembelajaran Montessori, proses pembelajaran proyek, dan lain sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar