Jumat, 17 September 2021

Proses Pembelajaran di TK/PAUD

Proses Pembelajaran di TK/PAUD


Penyusunan perencanaan pembelajaran merupakan refleksi penguasaan konsep seorang pendidik.


Prinsip-prinsip dalam menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajarab menurut Peremndiknas no.58 tahun 2009 di antaranya sebagai berikut:

  1. Memperhatikan tingkat perkembangan, kebutuhan, minat, dan karakteristik anak.
  2. Mengintegrasikan kesehatan, gizi, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan.
  3. Pembelajaran dilaksanakan melalui bermain.
  4. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bertahap, berkesibambungan, dan bersifat pembiasaan.
  5. Proses pembelajaran bersifat aktif, kreatif, interaksif, efektif, dan menyenangkan.
  6. Proses pembelajaran berpusat pada anak.


Di dalam melaksanakan proses pembelajarab anak usia dini, ada sejunlah prinsip-prinsip yang harus diperhatikan. Adapun prinsip-prinsip teraebut yaitu: 

  1. Berpusat pada anak
  2. Belajar dengan melakukan
  3. Mengembangkan kemampuan sosial
  4. Mengembangkan keingintahuan, imajinasi, dan fitrah
  5. Mengembangkan keterampilan pemecahan masalah
  6. Mengembangkan kreativitas anak
  7. Mengembangkan kemampuan menggunakan ilmu dan teknologi
  8. Membutuhkan kesadaran sebagai warga negara yang baik


Pada setiap model pembelajaran memberikan gambaran tentang filosofi, prinsip-prinsip, dan langkah pembelajaran yang disarankan.


Beberapa alternatif acuan proses pembelajaran, yaitu prose pembelajaran AVM (Auditori Visual Memori), proses pembelajaran Montessori, proses pembelajaran proyek, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar